BATAM, SIJORITODAY.com– – Badan Pengusahaan (BP) Batam telah rekomendasi penerima Kavling Siap Bangun (KSB) untuk mendapatkan sertifikat Hak Guna Bangunan BP Batam juga bekerjasama dengan BPN RI Kantor Pertanahan Batam guna mempermudah masyarakat.

“Pada tahun 2017 ini KSB yang direkomendasikan BP Batam sebanyak 700 kavling”, ungkap RC. Eko Santoso Budianto, Angota III, Deputi Bidang Pengembangan Sarana Usaha BP Batam, Rabu (21/3).

Selain kerjasama dalam percepatan sertifikasi PRONA, BP Batam juga intensif berkoordinasi dengan BPN Batam dalam sinkronisasi SOP dan database. Cukup submit data sekali ke BP Batam, sudah langsung tercatat di database BPN melalui system host to host. Hal tersebut agar masyarakat lebih mudah.

Sementara itu, Kepala Kantor Pengelolaan Lahan, Imam Bachroni menjelaskan, KSB merupakan kebijakan social development BP Batam untuk penyediaan hunian murah serta penertiban rumah liar dalam rangka mendukung pengembangan Industri di Batam.

Jumlah KSB yang telah disiapkan BP Batam ke warga total ada 68.252 kavling yang tersebar di 10 lokasi di Batam. Sebaran tersebut untuk mendekatkan dengan daerah industri yang ada. Ini merupakan konsep pengembangan Batam dari awal “distributed center”, dimana terdapat 29 lokasi kawasan industri dan lebih dari 105 galangan kapal yang menyebar di Pulau Batam.

“Komitment BP Batam menyediakan KSB merupakan kepedulian BP Batam kepada masyarakat kurang mampu. Namun demikian pengelolaan KSB ke depan hanya untuk penyelesaian pembayaran UWT dan penerbitan dokumen lahan. BP Batam tidak mengalokasikan lokasi baru untuk KSB”, tutup Imam.

Penulis : Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here