Jembatan 5 milyar, proyek pemerintah pusat untuk parit dengan lebar 2 meter di Kabuaten Lingga. Foto : jc

LINGGA, SIJORITODAY.comРРJoni Satria salah seorang aktivis Daek, Kabupaten Lingga pertanyakan besarnya anggaran untuk pembangunan sebuah jembatan di Desa Panggak Darat, Kecamatan Lingga dari anggaran pemerintah pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2017 sebesar Rp 5,1 milyar. Pasalnya jembatan tersebut dibangun untuk aliran sungai dengan lebar sekitar 2 meter.

“Untuk dibangun apa saja anggaran sebesar itu hanya untuk membangun jembatan diatas sungai yang lebih layak disebut parit itu,” kata Joni seraya menunjuk aliran sungai yang akan dibangun, Selasa (28/3).

Dikatakan, pembangunan jembatan di daerah tersebut sangat dibutuhkan masyarakat. Meski begitu tidak berarti hal ini dijadikan ajang oknum tertentu untuk memperkaya diri.

“Terbuat dari apa jembatan tersebut sampai menelan biaya hingga Rp 5,1 milyar,” tanyanya. Pria ini memberi contoh, salah satu jembatan yang dibangun melalui APBD Lingga dengan kondisi sungai yang relatif sama hanya menelan anggarab Rp 400 juta. Dilihat secara kasat mata besar sungai dan kondisi tanah dan jalan hampir sama dengan jembatan yang akan dibangun dengan anggaran Rp 5,1 milyar.

“Saya tidak menyebut bahwa kontraktor ini salah, saya hanya mempertanyakan untuk membangun apa saja dana sebesar itu,” katanya.

Menurut Joni jika diasumsikan dengan anggaran membangunan jembatan dengan Rp 400 juta yang dikeluatkan Pemkab Lingga, berapa jembatan yang bisa dibangun dengan anggaran Rp 5,1 milyar.

“Masih banyak jembatan penghubung antar desa yang butuh dibenahi. Salah satunya jembatan menuju Pelabuhan Roro di Penarik yang kondisinya sudah

memprihatinkan,” imbuhnya.

Dilokasi yang sama, Bambang, pengawas pekerjaan lapangan saat dikonfirmasi terkait pembangunan jembatan menolak menjelaskan apa saja yang akan dibangun dengan dengan anggaran Rp 5,1 milyar.

“Kalau Detail pembangunan yang akan diajukan saya tidak bisa berbicara, namun selain jembatan kami juga akan melakukan pengaspalan jalan sejauh 250 meter agar jembatan menjadi rata,” katanya singkat.

Dari papan poyek pembangunan jembatan ini, kontraktor pelaksana pembangunan jembatan dilajukan oleh PT Mekar Abadi Sukses dengan konsuktan supervisi PT. Seecon dengan masa pekerjaan 240 hari kalender.

Penulis : Jon Cosmos

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here