Korem 033 Wira Pratama, Kepulauan Riau OTT 2 Warga Negara China Bekerja Di Bintan. Foto : red

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com– – 2 warga negara asal China tertangkap tanggan sedang bekerja di sebuah tempat produksi arang bakau di kabupaten Bintan, Jum’at (31/3). Dari dokumen paspor diketahui keduanya masuk ke wilayah indonesia untuk tujuan wisata bukan bekerja.

Kedua warga negara China masing-masing bernama Zhang Mao (27th) dan rekannya Zhang Lianchang (60th) ditangkap tim intelijen Korem 033 Wira Pratama ketika sedang bekerja disebuah tempat pembuatan arang bakau di desa pengujan, kabupaten Bintan.

Keberadan kedua warga negara asing asal China tersebut berawal dari laporan warga desa Pengujan. Warga curiga keberadaan keduanya yang sepintas mirip dengan warga negara Indoensia keturunan Tionghoa, namun mereka sama sekali tidak memahami bahasa Indonesia.

Kepala seksi intelijen, Korem 033 Wira Pratama, Kolonel (Kav) Asep Ridwan pada sejumlah media mengungkapkan, kedua warga negara asing asal China yang ditangkap dipekerjakan sebagai tenaga ahli di tempat pembuatan arang bakau.

“Memang tujuan mereka bekerja secara illegal di wilayah kita ini, kebetulan kita mendapatkan informasi kemudian dilakukan pengecekan dan memang ada tertangkap tangan kita tangkap,” ungkap Kolonel Asep Ridwan.

Keduanya tiba dari Jakarta pada Selasa (28/3) yang lalu dengan mengunakan pesawat udara. Mereka didatangkan oleh pengurus Koperasi Bina Anugerah yang berkedudukan di Tanjung Uban.

Pihak Korem 033 Wira Pratma juga telah meminta keterangan dua orang masing-masing, Hendrik serta Henriyanto Tasman, keduanya dari kartu tanda penduduk (KTP) mereka merupakan warga kota Batam.

Selanjutnya kedua warga negara asal China diserahkan pihak Korem 033 Wira Pratama pada pihak Imigrasi setempat untuk proses selanjutnya.

Penulis : red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here