Kapal Chuang Hong 68 berbendera China curi kekayaan laut di Anambas ditangkap TNI AL, Jum'at (21/4). Foto : red

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Lantamal IV Tanjungpinang telah memburu kapal berbendera China yang kabur pada saat di tangkap Tim WFQR Lanal Tarempa di perairan Tarempa, Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (22/04).

Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Ribut Eko Suyatno menuturkan bahwa pihaknya telah melaksanakan interoperability dengan  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia. Hal ini pun langsung di tanggapi Menteri KKP ibu Susi Pudjiastuti.

“Ibu menteri meminta bantuan interpol guna membantu mencari keberadaan kapal Asing tersebut,” ungkapnya.

Terkait keberadaan kapal tersebut pihaknya masih melakukan koordinasi dan komunikasi kepada penegak hukum terkait. Namun, untuk Anak Buah Kapal (ABK) kapal telah diamankan pihak Lantamal IV.

“Saat ini tahanan ada 20 ABK kapal kita sudah amankan dan sedang kita sidik,” ujar Eko.

Sebelumnya, Panglima Komando Armada Republik Indonesia bagian Barat, Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, usai serah terima jabatan Komandan Lantamal IV di Tanjungpinang pada Jum’at (21/4) membenarkan penanggkapan yang dilakukan jajarannya di perairan Anambas.

“Kapal besar 8.000 GT berbendera China dengan seluruh anak buah kapal berkewarganegaraan asing,” ujarnya.

Kendati demikian, Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Ribut Eko Suyatno belum bisa memastikan siapa yang membawa kabur kapal tersebut.

Penulis: Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here