Syahrul dan Ade Angga tampak mesra

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas 1 Tanjungpinang menggelar acara Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1438 Hijiriah, di Halaman Rutan Klas I, Jalan Permasyarakatan Tanjungpinang, Rabu (26/4). Kegiatan ini dihadiri, Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd.

Wakil Walikota, H. Syahrul mengatakan peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW merupakan peristiwa besar bagi umat Islam, dimana seorang umat muslim diingatkan untuk melaksanakan Sholat lima waktu karena ibadah sholat menjadi kunci utama diterimanya amalan-amalan umatnya yang lain.

“Jadikanlah sholat sebagai kebutuhan, bukan saja hanya kewajiban, untuk itu mari kita tingkatkan kualitas ibadah sholat kita,” ajak Syahrul.

Syahrul juga menyampaikan kepada seluruh warga binaan agar momentum Isra Mi’raj menjadi spirit dalam menjalankan ibadah sholat agar selalu istiqomah.

“Jadikanlah rumah tahanan ini sebagai wadah untuk memperbaiki diri, menyadari kesalahan, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kesalahan yang pernah diperbuat jadikanlah sebagai pelajaran, teruslah berupaya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT agar ketika keluar nanti, bapak/ibu bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat,” imbuhnya.

Wakil Ketua I DPRD kota Tanjungpinang Ade Angga yang turut hadir pada acara tersebut sangat salut dan bangga adanya acara ini di gelar oleh pihak Rutan Klas I Tanjungpinang. Karena acara Ini juga merupakan bukti berhasilnya pembinaan yang maksimal yang dilakukan pihak rutan.

“Kita apresiasi yang tinggi, banyak perlombaan di acara tersebut yang positif dilakukan pihak rutan untuk warga binaannya, kita juga menawarkan dengan kepala Rutan apa yang bisa dibantu, kita akan bantu melalui Kesra,” tukasnya.

Kepada warga binaan, Ade Angga berharap agar dapat memanfaatkan acara yang digelar Rutan Klas I Tanjungpinang ini untuk lebih ditingkatkan amal ibadah Sholatnya.

“Sangat Takjub penampilan warga binaan dalam melafaskan tajwid Al Qur’an, mereka luar biasa, ilmu tajwid ini adalah ilmu dewan hakim MTQ, kelak mereka bisa menjadi dewan hakim MTQ, seiring dengan itu semoga dapat di Tingkatkan Kualitas Sholat warga binaan di momen acara ini,” terangnya.

Dilain sisi, Kepala Rutan Klas 1 Tanjungpinang, Ronny Widiatmoko mengatakan, kegiatan keagamaan merupakan bagian dari upaya melakukan pembinaan mental spritual bagi warga binaan agar mereka memiliki akhlak lebih baik ketika keluar nanti.

Pada kesempatan itu, ia menginformasikan bahwa sebelumnya dalam rangka memperingati HUT Permasyarakatan ke-53, seluruh rumah tahanan dan lapas se-Indonesia secara serentak melakukan kegiatan keagamaan melalui Gerakan Nusantara Mengaji.

“Kegiatan ini tercatat dalam rekor muri. Kegiatan membaca Al Quran ini, sebagai upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan warga binaan sekaligus membudayakan membaca Al Quran dilingkungan lembaga permasyarakatan,” katanya.

Acara dimulai dengan pembacaan Ayat Suci Al Quran, dilanjutkan dengan penampilan tartil Al Qur’an, hafalan tajwid Al Qur’an, Tahfzh Quran dari warga binaan Rutan Klas 1 Tanjungpinang. Acara ditutup dengan tausiyah dan pembacaan doa yang disampaikan oleh Ustadz Deden Sirajudin. ( Akok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here