Uji Kompetensi Wartawan Ke-8 PWI Kepri di Hotel Hermes, Bintan. Foto : akok

BINTAN, SIJORITODAY.com – – 36 orang peserta dinyatakan lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-8 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Provinsi Kepulauan Riau yang bertempat di Hotel Hermes, Bintan.

Dalam uji kompetensi bagi waratawan yang berlangsung sejak tanggal 22 hingga 23 Mei 2017 tersebut, sebanyak delapan orang peserta dinyatakan tidak lulus oleh tim penguji yang terdiri dari Dewan Pers dan PWI Pusat.

Kepala Bidang Organisasi dan  Kaderisasi PWI pusat, Tejo Sasongko mengungkapkan, sesuai aturan terbaru Dewan Pers, narasumber dapat menolak wartawan yang tidak mengantongi sertifikat kompetensi yang dikeluarkan PWI.

“Saya ucapkan selamat kepada peserta yang lulus, bagi peserta yang belum berhasil tetap semangat dan terus mencoba,” ujarnya saat penutupan acara UKW PWI Kepri, Selasa (23/5).

Ditambahkan Tejo Sasongko dalam UKW PWI Kepri ke-8 diiukuti sebanyak 21 orang peserta tingkat Utama, 7 peserta tingkat Madya serta 21 peserta tingkat Muda. PWI Kepri selaku penyelengara mendatangkan sejumlah penguji dari pengurus PWI dan Dewan Pers, diiantaranya A.R Lubis, Tejo Sasongko, Banjar, Widodo serta Saibansah Dardani.

“UKW ini mengukur kompetensi wartawan, maka sudah saatnya kita menata kembali profesionalitas para wartawan, dimana untuk menjalankan sebuah profesi harus mendapatakan sertifikasi,” ujar Tejo.

Sebelumnya, Ketua PWI Kepri, Ramon Damora mengatakan, UKW saat ini semata-mata untuk mendorong profesional para wartawan didepan narasumbernya agar dalam menjalankan tugas dilapangan jauh lebih berkompetensi.

“Wartawan Kepri boleh gaul, tapi yang paling penting wajib mengantongi sertifikasi uji kompetensi wartawan,” kata Ramon.

Penulis: Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here