Lantamal IV Tanjungpinang gelar Pekan Pancasila bagi pelajar dan masyarakat. Foto : dispen lantamal4

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com- – Dalam rangka membekali nilai-nilai pancasila dan mengimplementasikannya dalam kehidupan generasi muda khususnya kalangan pelajar. Lantamal IV mengelar Pekan Pancasila bagi pelajar serta masyarakat umum lainnya.

Para pelajar di sejumlah sekolah seperti SMA 3 Kota Tanjungpinang, SMP dan SD Hang Tuah, kembali mendapatkan pemahaman nilai-nilai pancasila, selain itu Pancasila dan implementasinya juga disosialisasikan pada masyarakat umum di  sejumlah fasilitas umum seperti pelabuhan ferry.

Komandan Lantamal IV Tanjungpinang telah menunjuk  Kadispotmar Lantamal IV Letkol Laut (KH) Syafrudin,S.Ag sebagai pemimpim terselengaranya  Pekan Pancasila, Senin (5/6).

Thema yang diangkat kali ini adalah “Saya Indonesia Saya Pancasila”. Melalui pembinaaan peningkatan kesadaran akan nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia kita tingkatkan pemahaman dan implentasi 4 konsensus dasar bangsa Indonesia Pancasila Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Satu hal yang menarik dalam sosialisasi tersebut pemahaman Pancasila dengan jargon “Saya Indonesia Saya Pancasila” dibuat dalam bentuk yel-yel menjadikan acara pembekalan dan sosialisasi yang dilaksanakan Dispotmar Lantamal IV Tanjungpinang menarik dan mendapat perhatian dari kalangan pelajar serta masyarakat umum  penumpang dipelabuhan Sri Bintan Pura. Dengan konsep metodik didaktik tertentu dibawakan dengan santai dan diselingi permainan yang humoris menjadikan acara semakin menarik.

Komandan Pangkalan Utama IV, Laksamana Pertama TNI R.Eko Suyatno,S.E,M.M. mengatakan, kedepan sosialisasi pemahaman dan implentasi 4 konsensus dasar bangsa Indonesia Pancasila,Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI akan terus kita galakkan diwilayah kerja Lantamal IV, khususnya masyarakat Kepri untuk merajut dan memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dan solusi membendung faham-faham  radikalisme dikalangan generasi muda.

“Kegiatan sosialisasi kepada pelajar dan masyarakat Tanjungpinang dengan sasaran agar masyarakat kembali kepada jati diri bangsa Indonesia serta implentasi 4 konsensus dasar bangsa Indonesia Pancasila Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI hal ini sesuai dengan intruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut yang tertuang dalam TR Kasal tentang giat Pekan Pancasila,” ujar Danlantamal IV.

Penulis : red

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here