BINTAN, SIJORITODAY.com – – Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun mengajak anggota PKK Kepri untuk bertani dilahan Tembeling, Kabupaten Bintan. Menurutnya, lahan ini bisa dimanfaatkan untuk aktivitas pertanian yang hasilnya juga cukup jelas.

“Menurut saya PKK cocok untuk ikut andil dalam pembangunan di lahan Tembeling ini, jadi untuk itu segera diberikan lahan setengah atau satu hektar untuk PKK,” ujar Nurdin saat meninjau Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih Induk Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepulauan Bertempat di Tembeling Km 20, Bintan akhir pekan lalu.

Pesan itu disampaikan Nurdin kepada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan. Menurut Nurdin, sangat bagus jika PKK memanfaatkan lahan tersebut. Apalagi dimanfaatkan untuk tempat bercocok tanam, baik bunga, buah-buahan atau sayuran juga ditambah tanaman-tanaman obat juga bisa.

Nurdin juga berpesan agar setiap instansi untuk dapat memanfaatkan sumber daya yang ada dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Terkhusus untuk UPTD Balai Benih Induk, yang memiliki Tupoksi yang signifikan dalam memberikan hasil kerja yang dapat bermanfaat untuk kehidupan di daerah. Karena disini memiliki kegiatan bercocok tanam yang menghasilkan kebutuhan pokok pangan yang penting untuk masyarakat Kepri.

“Jika dimanfaatkan dengan baik dan benar maka bukan tidak mungkin kita bisa memiliki stok pangan sendiri, menekan laju inflasi dan tentunya kesejahteraan dapat dirasakan masyarakat Kepri,” ujar Nurdin.

Nurdin menyayangkan jika lahan seluas 50 hektare ini tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Apalagi jika ada yang terbengkalai.

Saat memasuki tiap ruangan yang tidak terpakai membuat Nurdin menginstruksikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan kesehatan hewan, Ahmad Izhar agar segera menempati gedung dan kegiatan bekerja dipusatkan di Tembeling.

“Saya minta agar pegawai yang berkantor di Dompak dipindahkan di sini secara menyeluruh. Karena untuk lahan sebesar ini bukan hanya untuk UPTD saja, jika 1 Dinas Ketahanan Pangan dipindahkan di sini pasti juga masih banyak space lagi yang bisa dimanfaatkan, selain fokus untuk hasil pertanian tentu harus ada dukungan administrasinya yaitu para pegawainya ditugaskan di sini,” kata Nurdin.

Instruksi tersebut langsung direspon Kepala Dinas Ahmad Izhar yang mengatakan awal Tahun 2018 akan memindahkan lokasi kantor dari Dompak ke Tembeling dan segera menganggarkan di APBD-P 2017 dan APBD 2018 terkait perbaikan dan perawatan gedung yang tidak terpakai.

Gubernur Nurdin kembali berpesan kepada Ahmad Izhar agar memberdayakan para pekerja harian yakni Tenaga Harian Lepas (THL) yang ada dikantor untuk ikut turun kelapangan mengelola hasil pertanian agar dapat menghasilkan lebih maksimal.

Penulis: red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here