TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 di Tanjungpinang beberapa figur yang sedang santer di berbagai media massa seperti Ing Iskandarsyah, Ade Angga, pasangan Edi- Usman, M. Rona Andaka, Alvin, Endang Abdullah. Tingkat elektabilitas dan popularitas mereka sepertinya belum dapat mengimbangi kedua sang petahana H. Lis Darmansyah dan H. Syahrul. Namun mereka masih memiliki waktu untuk meningkatkan itu semua menjelang pesta demokrasi dimulai.

Menurut Pengamat Politik di Tanjungpinang, Endri Sanopaka, setiap pasangan calon masih punya peluang yang sama untuk bisa memenangkan Pilwako mendatang. Tentu, dengan kerja keras dari masing-masing pasangan untuk meyakinkan pemilih dalam kurun waktu sampai dengan menjelang hari H nanti dipertengahan tahun 2018.

“Popularitas masing-masing kandidat bisa dipoles dengan berbagai cara agar dapat dikenal oleh publik, itu tergantung juga dari kerja tim sukses dalam mensosialisasikan calon,” kata Endri, Rabu (18/10/2017).

Namun popularitas seseorang kandidat, kata Endri, belum dapat menentukan tingkat elektabilitas atau tingkat keterpilihan pasangan calon dalam pilwako nanti, bahkan selebritas tidak menjadi jaminan untuk pemilih yakin memutuskan memilih calon yang popularitasnya tinggi.

“Yang penting adalah elektabilitas,disini pasangan calon harus mampu meyakinkan para pemilih bahwa mereka layak dipilih,baik karena karakter kepribadian,program yang ditawarkan,dan tentunya keberpihakan terhadap persoalan-persoalan yang ada di masyarakat,” sebutnya.

Jadi baik Lis-Maya ataupun Syahrul serta Ade Angga dan Iskandarsyah ataupun kandidat lainnya, menurut Endri, masih memiliki waktu untuk meingkatkan popularitas dan elektabilitasnya masing-masing.

“Yang paling penting saat ini adalah mendapatkan kendaraan atau tiket untuk mendaftarkan diri ke KPU, baru kemudian dapat memastikan diri maju,dan bekerja keras meningkatkan elektabilitas. Jangan sampai ada ungkapan “Sudah pasang tenda tak jadi pesta”, tutupnya sembari tersenyum.

Penulis: Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here