TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Penjabat Walikota Tanjungpinang, Drs.Raja Ariza, MM menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 3.158 pelajar Kota Tanjungpinang di Aula SMP Negeri 4 Tanjungpinang, Selasa (15/5).

Pembagian KIP ini mulai dari jenjang SD sebanyak 2.150 pelajar dan SMP sebanyak 1.008 pelajar. Saat membagikan KIP, Ariza berpesan kepada para pelajar agar menggunakan kartu tersebut dengan sebaik-baiknya untuk keperluan sekolah. “Jadi bantuan yang ada ini digunakan untuk beli seragam, buku, tas sekolah dan keperluan lainnya untuk sekolah. Bukan untuk beli pulsa, paket internet atau main ke warnet,” pungkasnya.

Raja Ariza juga berkata, bantuan ini langsung di transfer ke rekening yang sudah disalurkan melalui BRI dengan bebas biaya administrasi dan tanpa potongan. “Semua sudah ditransfer, jadi tak perlu khawatir jika dana itu dipotong atau diselewengkan. Dana bantuan ini langsung ditransfer oleh pemerintah pusat melalui penyalur dana yaitu Bank BRI. Hari ini akan diberikan kartunya yang bisa digunakan sebagai ATM dan akan diaktivasi oleh pihak bank yang bertugas disini,” lanjutnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Drs. Huzaifa Dadang, AG, M.Si menyampaikan dalam laporannya besaran dana yang diterima oleh penerima manfaat Program Indonesia Pintar (PIP) ini cukup besar pada tahun pelajaran 2017-2018 ini. “Untuk SD kelas 2-6 diberikan dana untuk 2 semester sebesar Rp. 450.000 dan untuk kelas 1 selama 1 semester sebesar Rp. 225.000. Sedangkan untuk SMP kelas 8-9 diberikan dana selama 2 semester Rp. 750.000 dan kelas 7 selama 1 semester Rp. 375.000. Semuanya ditransfer melalui rekening Bank BRI,” papar Dadang.

Program Indonesia Pintar ini diharapkan mampu menjamin peserta didik yang tidak mampu dalam melanjutkan pendidikan dan melaksanakan proses pendidikan baik dasar maupun menengah. “Semoga bermanfaat untuk semua dan dipergunakan sebagaimana mestinya,” tutup Dadang.

Selama tahun 2015 hingga 2018 ini, pelajar Kota Tanjungpinang yang menerima Kartu Indonesia Pintar untuk tingkat SD sebanyak 5.495 pelajar dan SMP sebanyak 8.951 pelajar.

Dalam acara ini, Raja Ariza berkesempatan memberikan secara simbolis kepada pelajar yang menerima KIP tersebut. Dan dilanjutkan dengan aktivasi KIP oleh Bank BRI Cabang Tanjungpinang. Hadir dalam acara ini Pimpinan BRI Tanjungpinang yang diwakili oleh Manager Operasional, Era Evolusi, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, H.M. Yasir, Kabid Pembinaan SMP, H. Tamrin Dahlan, M.Si, Pengawas Sekolah dan Kepala SD dan SMP se-Kota Tanjungpinang. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here