TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com — Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), menyiagakan 11 pos kesehatan baik di bandara maupun di pelabuhan yang ada ditujuh kabupaten/kota se-Kepri untuk melayani mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.
11 pos kesehatan itu tersebar di Bandara Raja Haji Fisabillah (RHF) Tanjungpinang, Bandara Matak, Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Pelabuhan Seri Kolak Kijang, Pelabuhan BBT Lagoi, Pelabuhan Tanjunguban, Lobam, Dabok Singkep, Tarempa, Matak, Ranai dan Tambelan.
“Penyediaan pos kesehatan ini bertujuan untuk memeriksa kesehatan calon penumpang yang akan berangkat menggunakan moda transportasi laut maupun udara,” kata  Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Karantina dan Surveilans Efidemiologi KKP kelas II Tanjungpinang, Nolita Sesphana, Minggu (2/6).
Masing-masing pos kesehatan, lanjut Nolita, disiagakan sebanyak satu hingga dua orang petugas kesehatan. Masyarakat diimbau supaya memanfaatkan pos kesehatan yang ada demi menjaga kesehatan dan kebugaran saat melaksanakan mudik lebaran.
“Kalau memang didiagnosis mengidap penyakit tertentu, bisa dilakukan upaya pencegahan. Misalnya dirujuk ke rumah sakit atau puskesmas terdekat,” ungkapnya.
Dia menambahkan, pada saat pengawasan alat angkut orang dan barang yang dilakukan tanggal 28 Mei 2019 kemarin, pihaknya belum menemukan adanya kasus-kasus penyakit yang dominan.
Kendati demikian, KKP Tanjungpinang tetap akan meningkatkan pengawasan kesehatan terhadap keberangkatan maupun kedatangan  penumpang.
“Apalagi baru-baru ini beredar isu virus cacar monyet. Itu juga menjadi salah satu atensi kami khususnya di Kepri, meski sampai saat ini belum ditemukan adanya penderita penyakittersebut,” sebutnya.
(Mn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here