TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com — Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana, menyatakan penyakit Inpeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) paling banyak dialami masyarakat saat mudik hari raya Idul Fitri.
Menurut Tjetjep, ISPA merupakan infeksi yang mengganggu pernapasan yang umumnya disebabkan oleh virus. Virus itu dapat menyerang area hidung, trakea dan paru-paru.
“Biasanya dipengaruhi daya tubuh menurun, akibat kurangnya istirahat serta mengkonsumsi makanan berlemak dan mengandung santan secara berlebihan saat lebaran,” ujar Tjetjep di Tanjungpinang, Minggu.
Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat Kepri mengurangi makan makanan berlemak yang menjadi ciri khas di hari raya seperti rendang, opor ayam, seafood dan sebagainya.
Sebagai penggantinya, Tjetjep, meminta masyarakat memperbanyak konsumsi buah-buahan, makanan yang mengandung protein seperti ikan, serta meminum air putih sebanyak delapan gelas sehari.
“Jangan lupa juga untuk aktif cek kesehatan ke dokter atau puskesmas terdekat saat lebaran,” sebutnya.
Tjetjep juga mengimbau warga yang melaksanakan mudik supaya membawa obat-obatan kesehatan. Karena selain ISPA, saat lebaran penyakit Hipertensi juga rentan menyerang masyarakat.
“Intinya tetap jaga pola makan dan istirahat selama mudik. Lebaran memang setahun sekali, tetapi kondisi kesehatan tubuh juga harus menjadi perhatian utama masyarakat,” tutur Tjetjep.
(Mn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here