TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com — Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menaikkan beberapa Komando Distrik Militer (Kodim) di Indonesia dari tipe B ke tipe A, salah satunya Kodim 0315/Bintan yang ada di wilayah Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.
“Perubahan Status dari B ke A untuk Kodim 0315/Bintan ini sudah diajukan sejak lama, dengan alasan Tanjungpinang merupakan Ibu Kota Provinsi Kepri yang juga merupakan salah satu provinsi terluar di Indonesia,” kata Komandan Korem 033/Wira Pratama, Brigjend TNI Gabriel Lema, Sabtu.
Menurut Lema, sesuai dengan SKEP dari Panglima TNI, Kodim 0315/Bintan sudah dipilih menjadi Kodim tipe A dan ini sudah melalui hasil kajian yang dilakukan beberapa tahun lalu tentang klasifikasi Kodim di masing-masing wilayah terutama wilayah jajaran Korem 033/Wira Pratama.
Dia katakan, untuk pengalihan status Kodim tipe A ini ada pada beberapa kriteria, yang pertama kriteria penyangga ibu kota Provinsi dan kriteria ini masuk ke Kodim 0315/Bintan.

“Klasifikasi itu juga telah di kaji sedemikian rupa berdasarkan tupoksi dan tupoksi di wilayah Kodim 0315/Bintan ini permasalahannya sangat cukup kompleks, karena berada di wilayah perkotaan dan merupakan pintu masuk wilayah ibu kota provinsi,” imbuhnya.

Lanjut Lema, pengalihan tipe B ke tipe A ini juga diiringi dengan berubahnya status Komandan Kodim 0315/Bintan dari Letnan Kolonel (Letkol) menjadi Kolonel.

Saat ini wilayah Kodim 0315/Bintan masih tetap membawahi wilayah Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Lingga.
(Mn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here