ANAMBAS, SIJORITODAY.com – – Bertempat di Gladak KRI CND – 375 (sandar dermaga Pelni Tarempa), Lanal Tarempa menerima 1 (satu) Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam yang merupakan hasil dari Tangkapan KRI Cut Nyak Dien – 375. Serah terima ini dilangsungkan sekitar pukul 15.00 WIB, di Tarempa, Kepulauan Anambas, Kamis (12/09/19).

Satu Kapal Ikan Asing (KIA) Berbendera Vietnam ini di tangkap di wilayah perairan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Propinsi Kepri karena diduga melakukan pencurian ikan secara illegal tanpa dilengkapi surat surat kapal  di wilayah ZEEI melanggar UU Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan, Pasal 27 ayat 2, Pasal 35 A ayat 2 Jo Pasal 93 ayat 2,4 Mengenai Kapal Ikan Asing.

Nahkoda KIA bernama Bui Van Ngo merupakan Kewarganegaraan Vietnam menhkodai Kapal bernama TFA 063 yang diketahui Berbendera Vietnam dengan Tonage ±42.71 GT, dengan jumlah 4 (empat) orang Anak Buah Kapal (ABK) yang juga merupakan Kewarganegaan Vietnam di tangkap pada Hari Rabu tanggal 11 September 2019 Pukul 14.35 WIB.

Setelah dilakukan penangkapan, KIA Vietnam beserta 5 (lima) orang Anak Buah Kapal (ABK) tersebut diserah langsung oleh (Dan KRI Cut Nyak Dien – 375) Letkol Laut (P) Amin Wibowo, S.T dan diterima oleh (Danlanal Tarempa) Letkol Laut (P) Nur Rochmad I, S.T., M. Si. Untuk dilakukan proses hukum selanjutnya.

Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Nur Rochmad I, S.T., M. Si dikesempatan itu menyampaikan bahwa Penegakan hukum yang dilaksanakan oleh Unsur TNI AL di seluruh wilayah perairan kedaulatan Republik Indonesia pada setiap Kapal Asing Baik Kapal Ikan Asing atau kapal asing lainnya yang memasuki perairan kedaulatan Republik Indonesia tanpa dilengkapi dokumen yang lengkap atau melakukan pelanggaran apapun tidak ada tebang pilih semua akan di periksa, ditangkap dan diproses.

ABK Kapal Nelayan Asal Vietnam

Hadir dalam serah terima, Danlanal Tarempa, Dan KRI CND – 375, Palaksa KRI CND – 375, Pasops Lanal Tarempa, Pasintel Lanal Tarempa, Kadepops KRI CND – 375, Paurlid Sintel Lanal Tarempa. (Bg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here