BATAM, SIJORITODAY.com – – Jurnalis unit Kantor Gubernur Sumatera Utara melalui Biro Humas dan Keprotokolan Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara berkunjung ke Badan Pengusahaan (BP) Batam pada Jumat (18/10) pagi. Kunjungan tersebut diterima dan dibuka langsung oleh Kepala Sub Direktorat Humas BP Batam Yudi Haripurdaja bersama Kepala Bidang Pengelolaan Waduk BP Batam, Hadjad Widagdo.

Kepala Bagian Pelayanan Media Biro Humas dan Keprotokolan Sekertariat Daerah Provinsi Sumatera Utara Harvina Zuhra, selaku pimpinan rombongan mengatakan, kedatangan ke BP Batam ini dalam rangka peningkatan wawasan dan pengkayaan informasi bagi penggiat jurnalistik di Sumatera Utara, dengan mengusung topik “Pengelolaan Air Bersih dan Limbah serta Pengembangan Kepariwisataan.

“Kami ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pengelolaan air dan limbah di Batam. Karena kami merasa Batam sangat istimewa; tidak memiliki sumber air, namun distribusinya merata. Sedangkan di Sumatera Utara sebaliknya. Sumber airnya melimpah, tapi belum terdistribusi dengan baik,” ungkap Kepala Bagian Pelayanan Media Biro Humas dan Keprotokolan Sekertariat Daerah Provinsi Sumatera Utara, Harvina Zuhra.

Kepala Bidang Pengelolaan Waduk Hadjad Widagdo mengatakan, salah satu faktor utama meratanya distribusi air bersih di Batam adalah memiliki master plan yang matang, agar pembangunannya komprehensif dan berkelanjutan.

“Sumber air satu-satunya di Batam adalah dari curah hujan yang ditampung di waduk. Selain itu, BP Batam bekerjasama dengan salah satu pihak swasta yang sejak tahun 1995 sebagai operator penyediaan air di Batam, dengan tingkat coverage 95%,” jelas Hadjad.

Ia menambahkan, dibandingkan mencari laba, BP Batam lebih memfokuskan pelayanan kepada masyarakat. Hal tersebut terwujud dari pembangunan Bendungan Sei Gong yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) bekerjasama dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera IV, serta pembebasan lahan oleh BP Batam untuk menyumbang pasokan air.

“Ke depannya, BP Batam akan melakukan desalinasi air laut sebagai sumber air selain waduk. Selain itu, kami juga berencana untuk bekerjasama dengan perusahaan Korea Selatan untuk mendaur ulang air rumah tangga (limbah) untuk menjadi air bersih dan dimanfaatkan pada kehidupan sehari-hari,” katanya.

Kasubdit Humas BP Batam, Yudi Haripurdaja berharap kunjungan para jurnalis ke Batam membawa manfaat bagi kedua pihak.

“Mudah-mudahan antar jurnalis bisa saling menginformasikan perkembangan pembangunan ekonomi Batam yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Pemerintah Kota, maupun BP Batam sendiri,” ujar Yudi. (ay/rud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here