TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com —¬† Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, menyerahkan bantuan sarana dan prasarana mandi jenazah (fardhu kifayah) kepada 12 pengurus Masjid di wilayah Kelurahan Sungai Jang, Kamis (28/11/2019).

Wali Kota, H, Syahrul mengapresiasi program bantuan yang digagas Lurah Sungai Jang. Bantuan ini, untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan jenazah.

Biasanya, lanjut wali kota, kalau ada warga yang meninggal akan mencari pengurus yang memandikan jenazah dan tempat memandikan jenazah. Kalau tidak ada tempat memandikan jenazah, pihak keluarga yang memangku jenazah.

“Tidak semua orang bisa memangku jenazah karena kondisi kematiannya. Dengan adanya bantuan ini bisa mengurangi beban keluarga jenazah,” ungkap Syahrul yang pernah menjadi seorang pemandi jenazah.

Masjid-masjid yang sudah diberikan fasilitas ini, diharapkan dapat merawat dan menjaga dengan sebaik-baiknya demi kepentingan bersama.

“Ini harus benar-benar digunakan untuk kepentingan warga, jangan sampai ada yang menyewakan,” tegas wali kota.

Bagi masjid yang belum mendapatkan bantuan, ia minta untuk tetap sabar, karena bantuan ini diberikan secara bertahap.

“Semoga ke depan bantuan ini bisa kita berikan kepada semua masjid dan surau,” tutupnya.

Sebelumnya, Lurah Sungai Jang, Slamet Hariyadi, S. IP mengatakan bantuan ini dalam rangka memfasilitasi warga yang tertimpa musibah meninggal dunia. Utamanya, bagi warga yang tinggal di perumnas yang sempit halamannya dan tidak bisa memandikan jenazah di dalam.

“Mudah-mudahan dengan adanya tempat pemandian jenazah ini dapat bermanfaat bagi warga di kelurahan Sungai Jang,” ujarnya.

Dikatakan Slamet, di wilayah kelurahan Sungai Jang terdapat 16 masjid dan 6 Surau. Untuk tahap ini, bantuan berupa tenda, tempat atau meja mandi jenazah, selang pembuangan air, dan bantalan, kita serahkan untuk 12 masjid.”Insyallah, sisanya akan kita realisasikan secara bertahap,” tutupnya.

Turut hadir, sekretaris camat bukit bestari, bhabinkamtibas, serta ketua RT dan RW se-kelurahan Sungai Jang.

 

(Hm/red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here