TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com —¬†Ada yang spesial pada peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun ini di Gedung Veteran Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Selasa (10/12).

Acara yang digelar sedemikian rupa oleh pemerintah Provinsi Kepulauan Riau ini menjadi pengingat dan dimanfaatkan oleh mereka yang berkebutuhan khusus menunjukkan diri, unjuk kebolehan, menampilkan eksistensi bahwa mereka bisa seperti manusia normal yang lainnya.

Oleh sebab itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepri Doli Boniara mengatakan bahwa Pemerintah berkomitmen mendukung penyetaraan hak penyandang disabilitas.

“Acara ini diharapkan dapat mendorong kesetaraan hak bagi para penyandang disabilitas di Provinsi Kepri. Tak hanya itu, di acara yang dilaksanakan ini juga melibatkan keluarga si penyandang disabilitas sehingga mampu turut berperan aktif mendorong penyandang disabilitas untuk dapat beraktifitas dengan baik,” jelas Doli.

Doli juga mengatakan bahwa pemerintah Provinsi Kepri akan terus mendorong dan mendukung kepedulian dan upaya kesetaraan hak penyandang disabilitas di Provinsi Kepri.

“Sehingga mampu mewujudkan Indonesia Inklusi dan melalui disabilitas yang unggul,” pungkasnya.

Sementara, Aminah (42) merasa terharu saat acara berlangsung. Sebab, anaknya salah satu penyandang disabilitas jarang sekali berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Bahkan, anaknya tampak bahagia sekali dalam acara tersebut.
“Saya sangat bahagia ya, karena hari ini anak saya selalu tertawa karena selama ini dia sedikit minder dan sedikit pemalu. Mungkin karena fisiknya yang memiliki kekurangan,” ujar Aminah dengan nada terbata-bata.

Dalam acara ini , juga diisi dengan berbagai penampilan para anak-anak penyandang disabilitas dari seluruh kabupaten kota se Provinsi Kepri. Serta berbagai bantuan seperti kursi roda, doorprice dan lain sebagainya. (TK)

Editor: Taufik Kurahman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here