TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan memasuki masa tahapan jadwal penyerahan dukungan perseorangan pada bulan Februari.

“16-20 Februari itu adalah tahapan jadwal penyerahan dukungan bagi pasangan calon perseorangan, kalo di Kabupaten/Kota 19-23 Februari” Kata Arison yang merupakan anggota KPU Provinsi Kepuluan Riau, pada Jumat (7/2).

Arison mengatakan proses sekarang memakai sistem informasi pencalonan untuk memudahkan mereka menghitung dukungan minimal di empat Kabupaten/Kota.

“Prosesnya sekarang ini para calon itu, kan sudah ada dua pasangan calon yang meminta username sistem informasi pencalonan, jadi pencalonan kali ini dia menggunakan sisten informasi, memudahkan mereka menghitung apakah sudah terpenuhi jumlahnya dan sebaran nya dukungan di empat Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Untuk saat ini ada dua calon gubernur yang sudah ke KPU untuk mendapatkan username sistem informasi tersebut, namun keduanya belum memasukan dukungan ke sistem informasi itu.

“Sistem informasi ini wajib, Untuk sampai saat ini dua calon gubernur yang sudah ke KPU, itu belum ada yang terpantau memasukan dukungan ke sistem informasi itu, jadi sistem ini ada keunggulannya untuk mencegah kegandaan untuk dukungan,” ujarnya.

Dalam sistem informasi itu harus memenuhi 122.943 dukungan yang tersebar di empat Kabupaten/Kota.

“Harus memenuhi 122.943 dukungan yang tersebar minimal di empat Kabupaten/Kota,” ucapnya.

Dua calon yang sudah mendaftar ke KPU untuk sistem informasi ialah Ismeth-Irwan dan Zubir Effendi.

“Dua calon yang sudah daftar sistem informasi itu, Ismeth-Iwan dan Zubir-Effendi,” tutupnya. (Ham)

Editor : Taufik

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here