ANAMBAS, SIJORITODAY.com– Harga Ikan di Pasar Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas saat ini fluktuatif karena disebabkan oleh pengaruh angin kencang.

“Angin masih kencang, gelombang pun tinggi, jadi pendapatan sedikit,” kata Iwan, satu diantara Pedagang Ikan di pasar Tarempa, Rabu (26/2/2020).

Pantauan media ini, saat memasuki bulan di mana gelombang tinggi, mengakibatkan kenaikan harga pada ikan yang dijual di pasar.

Seperti pengakuan Irwan kepada awak media ini, menurut dia, kondisi cuaca pun mempengaruhi harga ikan. Sebab, sebut dia, terpaksa dinaikkan menyangkut modal saat melaut.

“Ikan tongkol biasa harga Rp25 ribu, sampai naik Rp40 ribu per ekor. Ini faktor cuaca kalau dijual harga normal kami nelayan tekor, dan modal tidak tertutupi,” sebutnya.

Tak hanya ikan tongkol, seperti ikan kerapu hari ini harganya mencapai Rp 70 ribu per ekor, sedangkan untuk ikan manyuk dijual dengan harga Rp 35 sampai Rp50 ribu.

“Kalau ikan ikan memang ada stok, kita kan juga kirim ikan ke Tanjungpinang, cuma ikan di fiber itu tidak jadi kita kirim karena angin kencang, dan kapal tak jalan, jadinya kita bongkar lagi untuk di jual di sini,” ucap irwan.

Penulis: Sarinah
Editor: Taufik

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here