TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com– Polres Tanjungpinang bersama Korem 0315 Bintan melakukan patroli gabungan untuk mengimbau kepada masyarakat agar tidak berkumpul demi mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19, Selasa (24/3) malam lalu.

Kegiatan patroli gabungan ini melibatkan puluhan personel TNI/Polri dengan menggunakan empat unit mobil patroli.

“Sasaran patroli meliputi wilayah Kecamatan Tanjungpinang Kota,” Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal.

Sasaran patroli ialah tempat yang ada kumpulan atau kerumunan massa seperti kafe ataupun restoran, dengan rute seputaran Jalam Merdeka, Jalan Teuku Umar, Jalam Yusuf Kahar, Jalan SM. Amin, Jalan Hang Tuah, Jalan Pos, Jalan Pasar Ikan, dan Jalan Plantar II.

Menurut Kapolres, petugas memberikan imbauan serta penekanan dengan mengedepankan tindakan persuasif supaya masyarakat menghindari kerumunan.

“Kita mencegah agar virus COVID-19 tidak semakin berkembang. Salah satunya menjauhi keramaian,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, aparat gabungan juga menyampaikan sejumlah imbauan dalam rangka COVID-19 antara lain, tetap berada di rumah, menghindari tempat umum, dan gunakan masker jika sedang sakit.

Kemudian, warga diminta tidak mengadakan kegiatan masyarakat yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah yang banyak.

Pun diimbau agar warga tetap tenang dan tidak panik serta lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dengan selalu mangikuti informasi dan himbauan pemerintah.

Lalu menjaga jarak orang perorang minimal 1 meter, melakukan dan tingkatkan Germas
(Gerakan masyarakat hidup Bersih dan Sehat) yaitu mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer secara rutin.

Tidak menyentuh wajah, hidung, mulut dan mata sebelum mencuci tangan, membatasi berjabat tangan.

Meningkatkan daya tahan tubuh dengan komsumsi gizi seimbangan, minum air putih yang cukup dan lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari.

“Kegiatan ini juga bertujuan menjaga situasi Kamtibmas di Kota Tanjungpinang agar tetap kondusif, membuat masyarakat merasa aman dan tenang, serta terhindar dari wabah COVID-19,” tegas Kapolres.

Penulis: Mn
Editor: Taufik. K

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here