NATUNA, SIJORITODAY.com– Pemerintah pusat sudah menetapkan wabah skala global Virus Corona (Covid-19), sepatutnya menjadi perhatian bersama. Walau kondisi Kabupaten Natuna masih termasuk dalam zona hijau, mustahil penyebarannya dapat masuk ke daerah ini, jika tidak dilakukan langkah antisipasi.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal dalam kegiatan pertemuan dengan aparatur Pemerintah Kecamatan Midai, tenaga medis dan perwakilan masyarakat, bertempat di Gedung Serbaguna Kecamatan Midai, selasa (14/4/2020) siang lalu.

Lanjut Hamid, Setelah menetapkan langkah dan himbauan pencegahan penularan Covid-19 kepada masyarakat, muncul dampak penurunan perekonomian masyarakat, terutama yang beraktivitas harian bukan berprofesi dengan pendapatan bulanan/gaji, seperti para pedagang, petani, nelayan, dan pelaku usaha jasa lainnya.

“Oleh karenanya, pemerintah dalam menetapkan kebijakan ini harus pula mempertimbangkan dampak negative bagi masyarakat, yakni penurunan pendapatan dan mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ungkapnya.

Mengingat begitu seriusnya dampak penyebaran Covid–19 berskala global tersebut, Hamid Rizal dalam kesempatan tersebut terus menyampaikan himbauan kepada masyarakat, sebagaimana kunjungan di beberapa kecamatan sebelumnya, seperti menunda rencana kepergian ke daerah lain, senantiasa memakai masker, menghindari keramaian, dan selalu menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat.

“Selain itu saya juga berharap agar seluruh aparatur pemerintahan, baik ditingkat desa sampai Kepala Rukun Tetangga untuk terus mendukung, menyampaikan informasi serta melakukan control sosial bagi menumbuhkan kepedulian masyarakat bagi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Natuna,” paparnya.

Selain Kecamatan Midai, Rombongan juga berkesempatan menyambangi Kecamatan Pulau Tiga dengan agenda yang sama, yaitu menggelar pertemuan dengan pihak Kecamatan, tenaga medis dan perwakilan masyarakat.

Setelah menggelar pertemuan, Bupati Natuna juga menyerahkan Bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada aparatur medis dan dana operasional Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di kedua kecamatan, serta bantuan ketahanan pangan berupa beras kepada perwakilan masyarakat kurang mampu.

Hadir dalam rombongan kunjungan kerja tersebut diantaranya Ketua Kabupaten Sehat Kabupaten Natuna, Dandim 0318 Natuna, Kapolres Natuna dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).(Pro_kopim/Soen/Iwan)

Editor: Taufik. K

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here