NATUNA,SIJORITODAY.com– Sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab sebagai pemimpin di Kepulauan Natuna, Bupati Abdul Hamid Rizal menyambangi tiga Kecamatan dengan menyerahkan bantuan berupa sembako bagi warga iuang terdampak Covid-19.

Didampingi sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan ketua Penggerak PKK Kabupaten Natuna, menuju Kecamatan Serasan, Serasan Timur dan Subi, Selasa (28/4/20) kemarin.

Dalam sambutannya, Bupati Abdul Hamid Rizal menuebut bahwa saat ini Pemerintah Daerah telah memutuskan untuk menghentikan sementara pelayaran Kapal Angkut Penumpang, dengan maksud untuk terus melakukan pemantauan dan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Natuna.

Namun Hamid Rizal mengakui bahwa masyarakat akan menjadi pihak yang paling terdampak akibat kebijakan Sosial Distancing dan himbauan tetap dirumah dalam kondisi saat ini.

Begitu banyak informasi tersebar di Media Komunikasi Informasi terkini yang menerangkan bahwa terdapat dampak negative dari kebijakan Lockdown tersebut, diantaranya perekonomian masyarakat yang mengalami penurunan, sehingga kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Untuk itu dalam kesempatan ini, Pemerintah Daerah telah memprogramkan Bantuan Ketahanan Pangan berupa sembako untuk selanjutnya disalurkan kepada keluarga yang membutuhkan dan paling terdampak atas berbagai kebijakan pemerintah yang telah ditetapkan terkait penanganan Covid-19,” kata Bupati di Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Kecamatan Serasan (BPMKS).

Selain itu dalam waktu dekat akan dikucurkan pula Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI sebesar 600.000 rupiah setiap bulan selama 3 bulan bagi satu keluarga yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dimana saat ini yg sudah masuk dalam data tersebut di Kabupaten Natuna sebanyak 2.315 keluarga.

Saat ini dana tersebut sudah tersedia dan tinggal disalurkan oleh pihak terkait dalam hal ini PT. Pos, Bank BNI dan BRI yg sudah ditunjuk oleh Pemerintah pusat

Selanjutnya selama proses penyaluran anggaran tersebut diharapkan kepada seluruh perangkat untuk dapat bekerja secara professional, mengingat dana ini merupakan hak masyarakat banyak.

“Kepada masyarakat juga diharapkan agar dapat terus memonitor proses penyaluran tersebut dan tidak segan-segan untuk melaporkan jika terjadi penyelewengan maupun penyalahgunaan ataupun jika penerima bantuan tersebut dirasa tidak tepat sasaran,” ungkapnya.

Dalam hal ini, Hamid tak henti hentinya menghimbau kepada masyarakat agar terus menetapkan prilaku hidup bersih dan sehat agar terlindungi dari penularan bahaya Covid-19.

Sementara itu, Camat Serasan, Wendriady dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Natuna yang terus menunjukkan kepedulian kepada masyarakat ditengah-tengah pandemi Covid -19 ini.

“Hal ini tentunya sangat berarti bagi masyarakat mengingat saat ini sebagian besar masyarakat sedang menjalankan ibadah puasa dimana kebutuhan terhadap bahan pangan dirasa juga sedikit meningkat. Semoga dengan bantuan ini, masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1441 Hijriyah dengan lebih tenang,” ujarnya.

Wendriady juga menambahkan, dengan adanya karantina Kecamatan terhadap masyarakat yang baru datang dari luar daerah, sangat dirasa manfaatnya, terutama dalam memberikan rasa aman, serta memudahkan proses pemantauan. Namun demikian kewaspadaan juga tidak boleh menurun, mengingat tidak jarang penyebarannya tanpa gejala, sehingga sulit untuk terdeteksi.

Selepas melakukan pertemuan dengan Masyarakat Serasan dan Serasan Timur, rombongan Kunjungan Kerja Pemerintah Kabupaten Natuna kali ini melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Subi dengan agenda yang sama, yakni menyerah bantuan sembako kepada masyarakat Kecamatan Subi, bertempat di Gedung Serbaguna Kecamatan Subi dan dilanjutkan berbuka puasa Bersama di Kediaman Camat Subi, Awang Natuna. (Pro_kopim/Arf)

Penulis: Iwan
Editor: Taufik. K

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here