TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com–Komandan Pangkalan Udara TNI AL (Danlanudal) Tanjungpinang, Letkol Laut (P) Dani Achnisundani menuturkan, secara umum situasi stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di kota Tanjungpinang relatif baik saat Idul Fitri 1441 Hijriah tahun ini.

Apalagi ditengah Pandemi Covid-19, sinergitas yang kuat antar Pilar Daerah yang meliputi TNI, Polri dan Pemerintah daerah yang memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk menciptakan ketertiban umum yang aman, tentram dan aman.

“Menjadi tugas bersama seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif. Untuk itu jajaran Lanudal Tanjungpinang memberikan perbantuan pengamanan terhadap Polres Tanjungpinang menjelang dan saat berlangsungnya perayaan Idul Fitri 1441 H/2020 M,” kata Danlanudal Tanjungpinang, Letkol Laut (P) Dani Achnisundani.

Menurut Letkol Laut (P) Dani, hal itu sebagai upaya yang dilakukan Lanudal Tanjungpinang, untuk turut serta menjaga ketertiban umum wilayah Tanjungpinang dan sekaligus menjalankan instruksi komando atas dalam memberikan perannya sebagai satuan pangkalan TNI AL jajaran Puspenerbal.

Sebagaimana hal tersebut, ujar Danlanudal Tanjungpinang saat dikonfirmasi pada hari Senin (25/05) mengatakan, dalam kurun waktu selama bulan Ramadhan 1441 Hijriah/2020 Masehi, prajurit Lanudal Tanjungpinang bersama pilar daerah Tanjungpinang lainnya telah melaksanakan kegiatan pengamanan dan patroli di beberapa sektor di wilayah Tanjungpinang.

“Seperti halnya pada Sabtu (23/05) sebagai H-1 lebaran Idul Fitri 1441 H, Perwira Pelaksana (Palaksa) Mayor Laut (T) Totok Tri Widodo, bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Tanjungpinang melaksanakan pengecekan kesiapan personil dan tempat-tempat posko keamanan,” sebut Danlanudal Tanjungpinang.

Sebelumnya, kata Letkol Laut (P) Dani, pada Minggu (24/05) kemarin, prajurit Lanudal Tanjungpinang telah melaksanakan kegiatan perbantuan pengamanan di sektor jembatan utama Pulau Dompak Kota Tanjungpinang yang merupakan tempat destinasi wisata baru Ibu kota Provinsi Kepulauan Riau.

Sebab kata Dani, area jembatan tersebut tergolong rawan, mengingat sebagai tempat berkumpulnya warga masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas seperti olahraga maupun hanya sekedar bersantai bersama keluarga dan handai taulan untuk menikmati indahnya spot sunset matahari terbenam.

“Mengingat saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan gerakan percepatan penanganan virus Corona yang telah menjadi pandemi global,” tutur Letkol Laut (P) Dani Achnisundani.

Sehingga sambung Dani, hal ini dapat berjalan sukses diperlukan pengertian dan pemahaman semua pihak untuk dapat melaksanakan pencegahannya sedini mungkin dengan menghindari tempat-tempat keramaian dan tetap tinggal dirumah.

“Besar harapan, kiprah Lanudal Tanjungpinang bersama pilar daerah ini, dapat memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara Indonesia umumnya serta Penerbangan TNI AL khususnya dalam menjaga sinergitasnya untuk menciptakan keamanan dan ketertiban umum di wilayah satuan kerja,” pungkas Danlanudal Tanjungpinang. (Pen Lanudal Tanjungpinang).

Editor: Taufik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here