TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com — — Tiga Orang Tim dari Jakarta telah tiba di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) untuk melakukan setting alat Polymerase Chain Reaction (PCR) dari Mabes TNI AL, yang hari Jumat (05/06) kemarin alat sudah berada di RSAL.

“Selain alat hadir disini 1 orang teknisi dan 2 orang instruktur,” kata Wakil Komandan Satgas Covid-19 RSAL dr. Midiyato Suryatani, Letkol Laut (K) dr. Rudi Cahyono, Sp.KJ, Jumat (12/06).

Letkol Laut (K) dr.Rudi mengatakan untuk pengoperasian alat PCR ini dibutuhkan pelatihan untuk personel agar melaksanakan dengan maksimal, oleh karena itu hadir instruktur untuk memberikan pelatihan alat PCR ini.

“Dimana untuk mengoperasikan alat ini dibutuhkan tenaga ahli, dan personel dari rumah sakit kita sendiri akan mengoperasikan alat ini di butuhkan pelatihan dan sudah ada instruktur untuk melakukan pelatihan alat ini, supaya nanti bisa melaksanakan alat ini dengan maksimal,” ujarnya.

Lebih lanjut, Letkol Laut (K) dr. Rudi Cahyono mengatakan tujuan alat ini untuk mendukung kegiatan prajurit TNI beserta kelurganya.

“Alat ini di adakan tujuan utamanya adalah untuk mendukung kegiatan prajurit TNI beserta keluarganya,” ucapnya.

Namun, Letkol Laut (K) dr Rudi Cahyono mengatakan tidak menutup kemungkinan alat ini di operasikan untuk masyarakat jika perizinan pengoperasian alat tersebut sudah di setujui izin dari Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang.

“Kalo ada masyarakat Kepri yang membutuhkan alat PCR ini kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan karena memang untuk pengoperasian alat ini butuh izin dari instansi tersebut, dan nanti dengan izin tersebut mungkin bisa mendukung pemeriksaan kepada masyarakat Kepri,” tutupnya.

Penulis : Ilham
Editor: Taufik. K

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here