TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com — — Aktivitas Sekolah SMA/SMK dan SLB belum dibuka walaupun daerah tersebut zona hijau, hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, M.Dali.

“Untuk sementara walaupun daerah itu zona merah, kuning, hijau terkhusus SMA/SMK dan SLB semuanya belum kita buka sekolah,” katanya, Rabu (17/06).

Dali mengatakan pemerintah tidak mengintervensi sekolah untuk membuka walaupun zona didaerahnya Merah, Kuning, Hijau, hal ini dikembalikan oleh sekolah dan orang tua murid.

“Itu diserahkan kepada pihak sekolah bersama orang tua, kemudian Kalo memang ada kesepakatan buka ajukan permohonan ke pemerintah, pemerintah kasih izin sesuai protokol kesehatan, tapi 1-2 hari ada masalah pemerintah boleh menutup,” ujarya.

Dali mengatakan untuk tidak mengambil resiko untuk membuka sekolah karena virus Covid-19 ini dapat menyebar dengan cepat.

“Saya pikir kita tidak usah beresiko dengan hal yang belum kita ketahui secara pasti, karena sumbernya kan dari manusia ke manusia dan manusia bergerak, manusia bergerak virus itu juga bergerak oleh sebab itu pergerakan ini tidak kita ketahui, sedangkan di dunia pendidikan ini jumlah manusia banyak walaupun kita bikin ship kita ambil contoh satu sekolah 300 orang bagi dua, 150 itu sangat cepat penularannya,” ujarnya.

Dali juga menjelaskan jika membuka dengan aturan sistem sekarang menggunakan shift karena mau sampai kapan siswa dapat bertemu seluruhnya.

“Kalo mau dibuat seperti aturan umum boleh berkumpul tapi tidak melebihi dari lima orang, sekolah kan tidak bisa begitu kalo seandainya satu sekolah 150 siswa itu kan berapa hari shift itu mau bertemu,” ucapnya.

Keputusan aktifitas sekolah ini Sampai ada keputusan tetap nantinya.

Penulis : Ilham

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here