TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang menetapkan 6 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) untuk dibahas dan disahkan tahun 2020 ini.

Ketua Banpemperda DPRD Kota Tanjungpinang, Hendy Amerta menyampaikan, dari 6 Ranperda yang telah ditetapkan, DPRD Kota Tanjungpinang telah mengesahkan 1 Ranperda.

“Satu Ranperda terkait dengan kelayakan kendaraan bermotor sudah di paripurnakan, tinggal 5 lagi,” katanya.

Satu Ranperda yang sudah disahkan itu merupakan Ranperda perubahan tentang Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor yang disahkan pada Selasa (9/10) yang lalu.

Sementara itu, 5 Ranperda yang belum disahkan adalah Ranperda SOTK, Ranperda Perubahan KORPRI, Ranperda Rumah Sakit, Ranperda BPR Bestari dan Ranperda BUMD.

Meski demikian, Hendy memastikan 5 Ranperda yang tersisa akan disahkan tahun ini.

“Akhir tahun ini kita akan selesaikan Ranperda yang 6 itu, tinggal finalisasi aja semua,” pungkasnya.

Sebelumnya, pada awal tahun 2020 yang lalu DPRD Kota Tanjungpinang telah menetapkan 18 Ranperda untuk masuk Prolegda tahun 2020 ini.

Namun, dari 18 Ranperda yang telah ditetapkan itu, DPRD hanya dapat menargetkan 6 Ranperda untuk disahkan.

Hendy mengaku, pengesahan Ranperda terhambat Covid-19 yang mengakibatkan dewan tidak dapat melakukan studi banding dan berkonsultasi dengan pemerintah pusat.

“Sisa yang tidak kita usulkan terkendala Covid-19 ini sehingga kita tidak bisa berkonsultasi ke Jakarta dan tidak bisa studi banding,” aku nya.

Hendy mengatakan, 12 Ranperda yang tidak ditetapkan untuk disahkan tahun ini akan diajukan kembali untuk disahkan di tahun 2021 mendatang.

Banpemperda DPRD kota Tanjungpinang sendiri telah menyurati pimpinan DPRD untuk menyurati Pemko Tanjungpinang agar mengajukan Ranperda untuk disahkan di tahun 2021.

Selain menyurati Pemko, Banpemperda Kota Tanjungpinang juga akan menyurati anggota dewan untuk mengajukan Ranperda inisiatif.

Ranperda yang diusulkan masuk dalam Prolegda akan ditetapkan sebelum pengesahan APBD murni tahun 2021.

Hendy menambahkan, DPRD Kota Tanjungpinang nantinya akan lebih selektif memilih Ranperda yang diusulkan masuk Prolegda tahun 2021.

“Sisa ranperda akan kembali diusulkan untuk dibahas di 2021, kita akan selektif juga mana yang lebih penting akan kita dahulukan,” tambahnya.

Penulis: Nuel
Editor: Akok

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here