TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com РРAnggota DPRD Kabupaten Karimun dari Fraksi PAN, M. Hadi Siswanto, meminta agar pejabat ASN di lingkungan Pemkab Karimun untuk netral dalam Pilkada serentak 2020. 

Dia menilai, ada indikasi bahwa sejumlah Kepala Dinas (Kadis) Kabupaten Karimun menggunakan jabatan dan dana APBD untuk kampanye salah satu Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun.

“Jangan manfaatkan jabatan dan APBD demi kepentingan kampanye salah satu pasangan,” kata Hadi, Kamis (29/10/2020).

Hadi menegaskan, bahwa perilaku pejabat tidak netral di Pilkada tergolong perbuatan melanggar hukum. 

Menurutnya, Undang-Undang ASN dan aturan Pemerintah Pusat sudah tegas menyatakan bahwa ASN tidak boleh memanfaatkan jabatan dan APBD untuk kepentingan politik.

“ASN itu harus mengutamakan negara di atas kepentingan kelompok atau golongan tertentu,” tegas Hadi.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu RI, Abhan saat kunjungan kerja ke wilayah Kepri meminta Pjs Kepala Daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota dapat menjaga netralitas jajarannya.

Menurut Abhan, netralitas ASN sangat berpotensi terjadi di Kepri, tidak hanya Kabupaten Karimun, karena hampir semua daerah melaksanakan Pilkada kecuali Kota Tanjungpinang.

“Perlu diingat, ASN yang tidaik netral di Pilkada dapat dikenakan sanksi mulai dari sanksi administratif hingga pidana,” tegas Abhan.

(Mn)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here