Kepala DLH Kota Tanjungpinang, Hendri

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang berencana melakukan pengadaan mesin insenerator baru untuk membakar sampah plastik dan sampah medis.

Pengadaan itu akan dilakukan apabila DPRD telah mengesahkan Ranperda Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang mengalihkan tugas kebersihan Kota dari Dinas Perkim ke DLH.

Kepala DLH Tanjungpinang, Hendri mengungkapkan bahwa insenerator itu nantinya akan digunakan untuk membakar sampah plastik dan sampah medis yang tidak dapat didaur ulang.

“Kalau ikut aturannya harus ada. Karena sampah-sampah plastik dan limbah B3 harus ada insenerator untuk membakar,” katanya, Jum’at (4/12/20).

Ia juga menerangkan bahwa pembakaran sampah plastik dan sampah medis dapat menghasilkan energi listrik dan bahan bakar apabila dibakar dengan insenerator itu.

“Sampah menjadi energi listrik dan bahan bakar minyak melalui insenerator,” terangnya.

Selain menghasilkan energi listrik, pembakaran sampah juga dapat meningkatkan PAD Kota Tanjungpinang dengan menjual limbah hasil pembakaran.

“Insenerator ini kalau hidup kita dapat PAD, karena semua limbah saat ini bisa dijual ke Batam setiap bulannya,” tambahnya.

Mantan Kadis PUPR Tanjungpinang itu berharap dengan adanya insenerator dapat mengurangi jumlah volume sampah yang masuk ke TPA Ganet akan berkurang.

“Kita berupaya agar umur layanan TPA itu panjang, kalau TPA itu prosesnya berjalan dengan baik sampah tidak akan menumpuk,” harapnya. (Nuel)

Editor : Ode

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here