TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – Ketua koperasi nelayan Lumba-lumba putih, Dompak, Untung Budiawan mengimbau bagi seluruh kelompok nelayan di Tanjungpinang untuk mau bergabung ke dalam koperasi agar pengembangan bisnisnya lebih meningkat.

“Masyarakat hendaknya memanfaatkan koperasi sebagai bentuk ekonomi kerakyatan yang paling nyata. Sudah saatnya untuk mulai melihat potensi di wilayah setempat sebagai upaya pembangunan ekonomi,” ujar Untung, saat meninjau salah satu keramba milik kelompok budidaya ikan keramba di Senggarang, Tanjungpinang, Minggu (28/2/2021).

Sebab kata Untung, koperasi budidaya ikan bagi para kelompok nelayan nantinya dapat meningkatkan kapasitas kelompok dan mempermudah usulan pengajuan bantuan. Terlebih, koperasi ini berlandaskan kekeluargaan.

“Artinya, koperasi menerapkan prinsip kebersamaan ke seluruh anggota yang bergabung,” katanya.

Untuk itu, ia menerangkan pihaknya tengah berupaya untuk mendorong para kelompok nelayan di Tanjungpinang khususnya di Senggarang untuk bergabung di koperasi.

Menurutnya, wadah koperasi penting bagi petani budidaya ikan dalam hal proses tindak lanjut proses panen.

“Tujuannya agar kelompok nelayan ini mendapatkan keuntungan yang baik. Karena kolaborasi petani dan koperasi berguna menstabilkan harga,” jelasnya.

Dikatakannya, koperasi nelayan yang saat ini ia pimpin kini telah berjalan dengan sukses.

Apalagi, sejumlah produk yang dihasilkan dari anggota koperasinya sudah tembus di sejumlah daerah termasuk negara tetangga yaitu Singapura.

“Alhamdulillah, ada beberapa jenis produk yang sudah kita salurkan ke daerah-daerah di Kepri ini. Ya termasuk Singapura,” jawabnya.

Penulis: Taufik

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here