Bupati Lingga Muhammad Nizar menggelar RDP bersama OPD teknis, dan tokoh masyarakat terkait rencana penataan trotoar Kota Dabo Singkep, Jum'at (07/01/2022).

LINGGA,SIJORITODAY.com – Dinas PUPR Kabupaten Lingga berencana menata trotoar di ruas jalanan Kota Dabo, Kecamatan Singkep, di tahun ini.

Rencana itu dipaparkan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) oleh Bupati Lingga Muhammad Nizar bersama OPD teknis, dan tokoh masyarakat setempat, Jum’at (07/01/2022).

“Walaupun dalam perencanaan tim teknis, namun kita ada tokoh, tokoh agama masyarakat yang perlu kita dengar masukan-masukan,” katanya, Jum’at (7/1/2022).

Penataan trotoar akan dimulai dari titik nol kilometer di Taman Kota Dabo dan di dukung APBN melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kepri lebih kurang Rp 1 miliar.

Sementara, yang ditanggung APBD sebesar Rp 2 miliar mulai dari perempatan Masjid Azulfa menuju implasemen timah.

“Untuk penataan wajah Kota Dabo, ini dari APBD dimaksimalkan 2 miliar. Alhamdulillah teman-teman dari Dinas PUPR khususnya, dari APBN dibantu Rp 2 miliar mulai dari titik nol kilometer sampai Wisma Ria nantinya,” ujarnya.

Secara teknis, Kepala Dinas PUPR, Novrizal menambahkan, selain padatnya mobilitas, penataan trotoar juga ingin menunjukkan identitas suatu kota, khususnya Kota Dabo.

“Mungkin ini bisa terwujud, bahwa masyarakat dari luar bisa tahu, oh ini Kota Dabo. Karena dari tahun ke tahun, kota ini begini saja. Dan insyaallah kami ingin ada suatu yang berubah. Maka ada rencana penataan trotoar dalam bentuk kawasan,” tambahnya.

Di depan Masjid Azulfa, tanah kosong yang membelah jalan akan dibangun ikon Dabo Singkep.

Di titik yang dikhususkan untuk pejalan kaki akan dilengkapi dengan ornamen Melayu, menunjukkan dasar Kabupaten Lingga sebagai Bunda Tanah Melayu. Secara grand desain hal tersebut sudah terkonsep dari tim teknis.

“Dan ini alhamdulillah semua setuju. Namun secara grand desain, insyaallah dari anggaran yang tersedia setidak-tidaknya kita sudah memulai untuk mengubah wajah Kota Dabo,” tutupnya.

(Rudi)
Editor: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here