Pihak polisi melihat barang bukti truk dan jeringen berisi BBM bersubsidi.

KARIMUN, SIJORITODAY.com – Satreskrim Polres Karimun berhasil mengamankan pelaku tindak pidana penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar bersubsidi pada 27 Mei 2022 lalu

Kasat Reskrim Polres Karimun AKP Arsyad Riandi mengatakan, pengungkapan berawal dari informasi masyarakat.

Bahwa ada mobil truk yang menyalin bahan bakar solar dari dalam tangki truk ke dalam jerigen. Kemudian solar yang sudah di dalam jerigen tersebut diperjual-belikan.

“Dilakukan penyelidikan ternyata benar kita dapati truk tersebut sedang melakukan penyulingan BBM dari tangki truk ke dalam jerigen ukuran 30 liter “, ungkap AKP Arsyad, Senin ( 30/5).

Ia menjelaskan, ada tiga unit truk yang diamankan. Dari hasil interogasi bahwa mobil truk tersebut melakukan pengisian minyak solar bersubsidi di SPBU yang berada di Jalan Jend Sudirman Poros.

“Setelah mengisi di SPBU selanjutnya disalin dari dalam tangki mobil truk ke dalam jerigen untuk dijual kembali dengan harga Rp220.000 untuk setiap jerigennya,” terangnya.

Dari kejadian tersebut, sambung Arsyad, telah diamankan tiga orang pelaku. Berinisial MS, YS dan EH. Para pelaku melakukan perbuatan tersebut sejak Februari 2021.

Selain tiga unit truk, barang bukti yang diamankan sebanyak 49 jerigen ukuran 30 liter. Berisikan BBM jenis solar, dua buah tangki plastik ukuran 1.000 liter dan 15 jerigen kosong ukuran 30 liter.

Para pelaku dijerat pasal 55 UU RI No. 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi. Sebagaimana di ubah dengan pasal 40 angka 9 UU RI Nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja, dengan ancaman pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling tinggi Rp60.000.000.000 rupiah.

“Penindakan penyalahgunaan BBM subsidi ini merupakan upaya kerja keras yang kita lakukan. Guna melindungi masyarakat dari perbuatan pelaku yang menyalahgunakan BBM bersubsidi. Apalagi akhir-akhir ini terjadi kelangkaan BBM bersubsidi sehingga meresahkan masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya.

Penulis: Sunar
Editor: Liza

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here