Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad dalam peringatan Hari Laut Sedunia di Hotel AP Premier, Batam. F:Sijoritoday.com/DiskominfoKepri

BATAM,SIJORITODAY.com (Advertorial) – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad mengatakan bahwa industri maritim menyumbang 48 persen Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Ansar menuturkan, Kepri yang 94 persen wilayahnya berupa perairan fokus mengembangkan memfokuskan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya laut guna menopang kemajuan pembangunan.

Pemprov Kepri terus mendorong berbagai upaya dan kebijakan pengembangan perekonomian dan industri berbasis maritim.

“Bahkan saat ini, 48 persen pendapatan domestik regional bruto di Kepri, disumbangkan dari kegiatan perekomomian berbasis industri kemaritiman yang memanfaatkan potensi sumber daya laut. Termasuk juga didalamnya, sektor pariwisata berbasis maritim,” katanya.

Ansar menuturkan, untuk menguatkan ekonomi maritim, Pemprov Kepri memberikan asuransi untuk perlindungan dan keselamatan kerja bagi nelayan kecil.

“Kami mengharapkan dukungan dari KKP untuk terus membantu memaksimalkan potensi kelautan dan perikanan di Kepri,” tuturnya.

Sementara itu Sekjen Kementrian KKP RI, Antam Novembar menerangkan, laut mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia seperti sumber makanan, sebagai tempat rekreasi hingga sebagai pemersatu dan pemisah batas antar bangsa.

Menurutnya, meski lautan menutupi lebih dari 70 persen bumi, tapi menghasilkan setidaknya 50 persen oksigen dan merupakan rumah bagi sebagian besar keanekaragaman hayati bumi.

“Dan yang lebih penting dari itu, laut merupakan sumber protein utama bagi lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia,” tambahnya.

Penulis: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here