RSUD Raja Ahmad Thabib membuka konsultasi dan pelayanan KB gratis bagi masyarakat di Lantai 2 RSUD RAT, Senin (27/6/2023). F:Sijoritoday.com/HumasRSUDRAT

TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Thabib membuka konsultasi dan pelayanan KB gratis bagi masyarakat dalam rangka memperingati Hari Bidan Nasional (HBN) 24 Juni 2023 di Lantai 2 RSUD RAT, Senin (27/6/2023).

Ketua Pelaksana Kegiatan, Mersyoda Rianti mengatakan, KB gratis untuk meningkatkan kesadaran pentingnya keluarga berencana.

Adapun pelayanan dan konsultasi yang diberikan berupa KB IUD/Spiral, KB Implant, KB Suntik 3 Bulan hingga Pil KB.

KB ini dapat menjarakkan kehamilan, sehingga waktu kehamilan tidak berdekatan.

Dalam kegiatan ini, perempuan yang bisa mendapatkan pelayanan adalah yang berusia di bawah 35 tahun.

“Ibu-ibu yang usianya masih produktif, masih berusia sebelum 35 tahun, jadi untuk menjarakkan kehamilan ya jangan sampai hamil berdekatan,” kata Mersyoda.

Ketua IBI Ranting RSUD Raja Ahmad Thabib, Ushnul Bariyah menuturkan, layanan dan kosultasi ini dapat mendukung program pemerintah mengenai KB.

Sebagai langkah awal, RSUD RAT telah menerima layanan konsultasi KB yang sebelumnya hanya bisa di Puskesmas.

“Kita kan harus mendukung program pemerintah untuk ber-KB, kami baru mau memulai program KB ini, supaya nanti kedepannya disini bisa terima konsultasi untuk KB,” tuturnya.

Sebagai informasi, RSUD RAT biasanya hanya menerima layanan KB dalam bentuk rujukan puskesmas, namun setelah ini RSUD RAT akan membuka layanan konsultasi KB di Rumah Sakit tanpa harus rujukan lagi. (*)

Editor: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here