Ketua KPU Bintan Haris Daulay bersama anggota saat memberikan keterangan pers di ruang kerjanya di Kantor KPU Bintan di Jalan Tata Bumi Ceruk Ijuk Toapaya, Senin (3/7). Foto oleh Sijoritoday.com/oxy

BINTAN,SIJORITODAY.com – Sebanyak 288 atau 77 persen dari 374 berkas bakal calon legislatif (Bacaleg) yang mendaftar ke KPU Bintan dinyatakan belum memenuhi syarat. Hal ini terungkap dari hasil verifikasi administrasi KPU Bintan yang dilaksanakan sejak 15 Mei s.d 23 Juni 2023 lalu.

Ketua KPU Bintan Haris Daulay menyebutkan, dari 374 berkas bacaleg yang didaftarkan 15 parpol politik, baru 86 (23 persen) yang dinyatakan memenuhi syarat. “Selebihnya ada 288 berkas yang kita nyatakan belum memenuhi syarat,” sebutnya di ruang kerja Kantor KPU Bintan Jalan Tata Bumi Ceruk Ijuk, Toapaya, Senin (3/7).

KPU Bintan sambungnya, sudah menyerahkan kembali hasil verifikasi KPU Bintan kepada partai politik untuk diperbaiki. Ia mengatakan, penyerahan hasil perbaikan berkas bacaleg akan dibuka hingga 9 Juli 2023 mendatang. “Nanti hasil perbaikan akan kita verifikasi kembali mulai 10 Juli s.d 6 Agustus,” kata Haris.

Ditempat yang sama, Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Syamsul menambahkan, berkas bacaleg yang dinyatakan belum memenuhi syarat karena bermasalah pada ijazah hingga ketidaksesuaian nama pada identitas dengan berkas lainnya.

Syamsul menjelaskan, ijazah yang diserahkan bacaleg harusnya dilegalisir. Sementara bacaleg yang menyerahkan kopian ijazah belum dilegalisir oleh sekolah atau pihak terkait. “Ketentuannya itu, harus legalisir dengan stempel, cap serta tanda tangan basah,” ungkapnya.

Selain itu kata dia, ada juga nama pada KTP yang tidak sesuai dengan berkas pendukung lainnya seperti ijazah. Sehingga KPU menyatakan berkas belum memenuhi syarat. Syamsul mengatakan, bacaleg yang namanya berbeda antara kartu identitas dengan ijazah harus melampirkan surat pernyataan. “Bisa pakai surat pernyataan yang bermaterai,” timpalnya.

Pada kesempatan terakhir ini, KPU berharap partai politik segera melengkapi kekurangan berkas bacalegnya untuk diperbaiki. Syarat untuk mengganti bacaleg dengan orang lain kata dia, harus memenuhi 3 unsur.

“Misal mengundurkan diri, meninggal dunia atau harus ada persetujuan dari DPP partainya kalau ingin mengganti calonnya,” kata Syamsul. (oxy)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here