Ketua Panlih Wakil Bupati Bintan, Mirwan (Kemeja hitam) bersama dua calon wakil Bupati Bintan, Ahdi Muqsith (baju batik) dan Dhenok Puspita Sari (Jilbab orange) pada pendaftaran di Ruang Rapat Komisi I DPRD Bintan, kemarin. Foto Dokumentasi Sijoritoday.com/oxy

BINTAN,SIJORITODAY.com- – Proses pemilihan Wakil Bupati Bintan masih terkendala karena ada salah satu calon yang belum lengkapi menyerahkan persyaratan yang diatur panitia pemilihan (Panlih) di DPRD Bintan.

Ketua Panlih Wakil Bupati Bintan, Mirwan menyampaikan, pihaknya kembali memperpanjang masa pendaftaran hingga 1 Agustus 2023 mendatang.

“Kalau sampai batas akhir nanti, ada calon yang belum memenuhi persyaratan. Kita lakukan verifikasi, maka kita kembalikan lagi ke partai pengusung,” ungkap Mirwan, Senin (24/7) pagi.

Ia menyampaikan, persyaratan yang belum lengkap itu merupakan sertifikat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI terkait laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

Dalam proses pemilihan Wakil Bupati Bintan, Mirwan menjelaskan, partai koalisi pengusung harus mengajukan 2 calon untuk dipilih melalui mekanisme pemilihan di DPRD Bintan.

“Tapi kalau salah satu ada yang tidak lengkap persyaratannya, maka kedua calonnya akan kita kembalikan lagi ke partai pengusung untuk diganti. Tidak bisa satu calon saja,” terangnya.

Informasi terakhir yang diterima Mirwan, salah satu calon yang belum memenuhi persyaratan itu saat ini sedang mengurus kekurangan berkas tersebut. “Katanya sudah dapat (LHKPN), tinggal kita tunggu saja di perpanjangan pendaftaran ini,” katanya.

Setelah masa perpanjangan pendaftaran ditutup 1 Agustus 2023 mendatang, panlih akan melakukan verifikasi berkas para calon pada 2 s.d 10 Agustus 2023 mendatang.

“Kemungkinan proses pemilihannya bisa kita laksanakan di akhir Agustus nanti,” timpalnya.

Sebagaimana diketahui, dua calon wakil Bupati Bintan yang diusung partai koaliasi diantaranya Ahdi Muqsith dari Partai Demokrat dan Dhenok Puspita Sari dari PKS. (oxy)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here