Zainal Arifin, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau. F:Sijoritoday.com/Superleni

PEKANBARU,SIJORITODAY.com – Dinas Kesehatan Provinsi Riau menggelar pekan peduli kesehatan remaja sempena peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada 12 November 2023.

Dalam kegiatan itu, gabungan organisasi dan profesi akan menyambangi 100 SMA untuk mensosialisasikan perihal bahaya Narkotika dan Obat-obat Terlarang (Narkoba).

“Kegiatan pekan peduli kesehatan remaja yang akan kita laksanakan ini rangkaian HKN di Riau. Kegiatannya banyak salah satunya sosialisasi bahaya narkoba kepada pelajar SMA,” kata Kepala Dinkes Riau, Zainal Arifin, Selasa (10/10/23).

Selain itu ada juga sosialisasi soal penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome Acquired (AIDS).

Ini suatu virus patogen yang dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh akibat prilaku menyimpang seperti Lesbian, Gay, Biseksual, Tansgender (LGBT).

“Dari kegiatan pekan peduli kesehatan remaja ini berbagai organisasi dan profesi menargetkan setiap harinya mengunjungi 20 SMA. Jadi selama lima hari sudah ada 100 SMA kita Kunjungi,” jelasnya.

Rangkaian kegiatan lainnya yang juga akan digelar untuk memeriahkan HKN di Riau seperti bakti sosial operasi bibir sumbing, sunat masal, kunjungan ke panti asuhan.

Selain itu ada juga make over masjid atau semacam merawat mulai mencat dinding hingga perbaikan ringan.

Rangkaian kegiatan HKN ini nantinya ada juga pengobatan masal, screening massal. Kegiatan ini direncanakan di pusatkan di Desa Tanjung Kecamatan XIII Koto Kabupaten Kampar.

“Banyak lagi kegiatan rangkaian kita gelar. Ada fun walk atau jalan santai. Ada juga lomba rumah sakit dan klinik berprestasi. Tolak ukurnya itu program unggulan, punya daya ungkit tidak. Program inovasinya apa. Dampaknya kesehatan ke masyarakat. Indikator ini jadi penilaian,” papar Zainal.

Nantinya, puncak kegiatan HKN akan dipusatkan di salah satu kabupaten kota di Riau. Namun, lokasinya belum ditentukan.

“Puncak HKN itu 12 November. Tapi belum kita tentukan. Memang sudah ada usulan, tapi kita masih rapatkan. Kegiatan pamungkas adalah malam gebyar HKN, pengumuman pemenang lomba dari berbagai rangkaian kita gelar,” tambahnya.

Penulis: Superleni
Editor: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here