Ratusan mahasiswa UMRAH mengikuti prosesi wisuda di Kampus UMRAH Tanjungpinang, Sabtu (16/3/2024). F:Sijoritoday.com/istimewa

TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menggelar wisuda sarjana ke XXII dan Pascasarjana, Sabtu (16/3/2024).

Para wisudawan tampak penuh semangat merayakan prestasi luar biasa karena telah menyelesaikan pendidikan dengan sukses.

Acara wisuda tersebut tidak hanya menjadi tonggak penting bagi para lulusan tetapi juga merupakan momen yang penting bagi peran SDM unggul dalam mengembangkan sektor kemaritiman Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

Melalui pendidikan dan pengembangan keterampilan, para lulusan UMRAH telah dipersiapkan untuk menjadi pemimpin masa depan yang mendorong pertumbuhan dan kemajuan di sektor kemaritiman.

Rektor UMRAH, Agung Dhamar Syakti menyampaikan bahwa UMRAH sebagai perguruan tinggi yang berbasis kemaritiman merupakan tantangan terbesar di tengah persaingan yang sedemikian hebatnya di negeri ini.

Menurutnya dengan konsistensi segenap civitas akademika UMRAH serta dukungan seluruh lapisan masyarakat Kepri, ia yakin tantangan tersebut bisa dilalui oleh UMRAH hingga menapaki jalan panjang menuju Universitas Kelas Dunia.

“Prestasi demi prestasi telah diukirkan oleh civitas akademika UMRAH, baik itu dilevel nasional maupun internasional,” katanya.

“Semoga dengan segala upaya yang dilakukan saat ini mampu untuk memantaskan UMRAH sebagai Universitas yang siap melahirkan lulusan-lulusan yang mampu berkontribusi mendorong dan membangun suatu peradaban baru nusantara yang kita sebut Tamadun Maritim,” sambungnya.

Agung mengaku bangga melihat lulusan yang siap menghadapi tantangan masa depan di sektor kemaritiman. Mereka bukan hanya memiliki pengetahuan akademis yang solid tetapi juga keterampilan adaptif dan inovatif yang dibutuhkan untuk menghadapi perubahan yang cepat dalam dunia industri saat ini.

“Kepada Saudara-saudara yang baru diwisuda, harapan besar saya dan seluruh keluarga besar UMRAH adalah, menjadilah generasi baru yang gemilang, menjadi generasi yang tangguh menghadapi setiap tantangan, tapi sekaligus menjadi sumber daya manusia bangsa yang produktif dan bermoral tinggi,” imbuhnya.

Wisuda Sarjana XXII dan Pascasarjana UMRAH tersebut meluluskan 411 orang wisudawan dengan rincian 63 lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Maritim, 60 lulusan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, 111 lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 45 lulusan Fakultas Teknik dan Teknologi Kemaritiman, 123 lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta 9 lulusan dari Pascasarjana.

Terdapat 60 lulusan yang meraih predikat cumlaude (pujian) pada wisuda tersebut. Sampai dengan hari ini, UMRAH telah memiliki alumni sebanyak 10.364 orang yang tersebar baik di pemerintahan, swasta, maupun profesional.

Pada acara Wisuda Sarjana XXII Dan Pascasarjana UMRAH itu wisudawan terbaik diraih oleh Agsanshina Raka Syakti dari Fakultas Teknik dan Teknologi Kemaritiman Program Studi Teknik Informatika, dengan IPK 3,81. (*)

Editor: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here