Komisioner KPU Bintan Helianto saat memaparkan materi dalam acara sosialisasi publikasi informasi dan pelayanan pers di Onyx Hotel and Villa Tanjunguban, Selasa (2/7) pagi. Foto oleh Sijoritoday.com/oxy

BINTAN,SIJORITODAY.com – – Dalam upaya mensukseskan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan terus membangun kemitraan dengan berbagai pihak dan elemen masyarakat termasuk dengan insan pers di Bintan.

Keberadaan media massa dalam pesta demokrasi memiliki andil yang cukup besar, informasi-informasi yang disajikan insan pers dapat dikonsumsi secara utuh oleh masyarakat. Peluang ini yang dianggap oleh KPU Bintan penting, sebab masyarakat akan lebih mengetahui persis pelaksanaan seluruh rangkaian tahapan Pilkada melalui media massa.

“Kami menyadari untuk mensosialisasikan informasi mengenai tahapan pilkada kepada masyarakat ada keterbatasan. Makanya kami berharap besar pers di Bintan bisa sama-sama mensukseskan Pilkada di Bintan,” ungkap Kepala Divisi Penyelenggaraan Teknis KPU Bintan, Syamsul dalam acara sosialisasikan publikasi informasi dan pelayanan pers di Onyx Hotel and Villa Tanjunguban, Selasa (2/7) pagi.

KPU sambungnya, akan terus memberikan informasi pelaksanaan tahapan pilkada secara berkala kepada media. Hal ini diharapkan agar masyarakat bisa mengakses dengan sangat mudah tentang pelaksanaan proses pilkada di Bintan.

Selain itu, KPU juga memberikan akses media sosial kepada masyarakat agar lebih mudah dijangkau oleh pengguna media sosial di Kabupaten Bintan. “Selain media sosial. Upaya kita menyebarluaskan informasi tahapan pilkada kepada masyarakat adalah melalui media massa,” timpalnya.

Selain itu, Komisioner KPU Bintan Helianto dalam pemaparannya menyampaikan tahapan Pilkada yang sedang berjalan. Saat ini, petugas pantarlih sedang melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap data hasil sinkronisasi (DHS) yang berasal dari DP4 dan DPT pemilu 2024 kemarin.

Setelah itu, data hasil coklit akan dirumuskan menjadi data pemilih sementara (DPS) sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Bintan tahun 2024. “Sedangkan untuk pndaftaran bakal calon khususnya Bupati dan Wakil Bupati akan dibuka pada 27 s.d 29 Agustus 2024 nanti. Pada 25 Septermber s.d 23 November, itu masa kampanye selama 59 hari dan pelaksanaannya pada 27 November 2024,” terang Helianto. (oxy)

 

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here