Pansus Pemilihan Wagub Kepri Akan Bentuk Panlih. Foto : akok

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Panitia Khusus Pemilihan Wakil Gubernur (Pansus Wagub) terus bekerja merumuskan tata cara pemilihan. Dalam rapat terakhir pansus masih merancang tahapan, mulai dari pengusulan hingga pemilihan.

“Kita ingin semua anggota dewan dapat mengetahui dan memahami tahapan-tahapan dan alur pemilihannya. Sehingga proses pemilihan ini dapat berjalan dengan mulus nanti,” kata Wakil Ketua Pansus, Sirajudin Nur memimpin rapat pansus di Graha Kepri, Batam, Jumat (2/6).

Untuk tahap pertama pansus rencananya akan menetapkan tata tertib (tatib) yang sedang dibahas pada sidang paripurna. Selanjutnya secara simultan pansus akan membentuk panitia pemilihan (Panlih).

Panlih, sambungnya, memiliki peran yang cukup krusial dalam proses pemilihan nantinya. Panlih nantinya akan melakukan verifikasi berkas, sekaligus melakukan uji publik.

“Kita ingin figur yang terpilih adalah yang terbaik,” kata Sirajudin.

Calon yang lolos verfikasi akan ditetapkan Panlih dan disampaikan dihadapan sidang paripurna. Panlih juga akan memberikan nomor urut kepada calon tetap. Calon yang sudah ditetapkan akan menyampaikan pokok-pokok pikirannya dihadapan para anggota dewan. Selanjutnya DPRD akan memilih dua calon tersebut.

“Hasil pemilihan, akan dibawa ke pusat melalui Gubernur,” kata pria yang akrab disapa Sira.

Rapat yang dihadiri pimpinan DPRD Rizki Faisal ini juga dihadiri anggota pansus antara lain, dr.Yusrizal, Hanafi Ekra, Widiastadi Nugraha dan Abdulrahman.

Untuk mencari masukan dan tata cara pemilihan, Pansus rencananya akan ke Provinsi Sumatera Utara yang baru saja melaksanakan pemilihan Wakil Gubernur beberapa waktu lalu.

Penulis : akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here