TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepri, Indeks Kebahagiaan penduduk laki-laki sebesar 72,92, nilai ini lebih rendah dibandingkan nilai indeks penduduk perempuan yang sebesar 73,22.

Dilihat dari tiga dimensi penyusun Indeks Kebahagiaan, terdapat pola yang serupa pada Indeks Perasaan (Affect) dan Indeks Dimensi Kepuasan Hidup. Indeks Dimensi Perasaan (Affect) perempuan lebih tinggi 0,16 poin dari laki-laki, masing-masing dengan indeks sebesar 69,17 dan 69,01.

Sementara, Indeks Dimensi Kepuasan Hidup perempuan juga lebih tinggi dari laki-laki, masing-masing dengan indeks sebesar 73,87 dan 71,88. Namun, pada Indeks Makna Hidup (Eudaimonia) penduduk laki-laki mempunyai nilai yang lebih tinggi dibandingkan penduduk perempuan, masing-masing dengan indeks sebesar 77,56 dan 76,28.

Mengenai Perkawinan, Indeks Kebahagiaan penduduk yang belum menikah cenderung lebih tinggi (76,34) dibandingkan penduduk dengan status perkawinan yang lain. Dilihat dari ketiga dimensi penyusun Indeks Kebahagiaan, masing-masing dimensi memiliki pola yang sama. Pada ketiga dimensi tersebut memperlihatkan bahwa penduduk yang belum menikah memiliki indeks yang paling tinggi, dan diikuti oleh penduduk yang menikah.

Dilihat dari Subdimensi Kepuasan Hidup Personal, penduduk yang belum menikah memiliki indeks tertinggi (75,52) dibandingkan penduduk dengan status perkawinan yang lain. Namun pada Indeks Subdimensi Kepuasan Hidup Sosial, indeks tertinggi terdapat pada penduduk yang berstatus menikah (77,36).

Editor: Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here