TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Bank Riau Kepri salurkan Corporate Social Responsibility (CSR) yang diperuntukkan untuk perlindungan jaminan sosial melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kepada 2.500 tenaga kerja pada sektor bukan penerima upah pada program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran), Rabu (17/10/2018).

Dana ini disalurkan dalam bentuk pembayaran iuran jaminan sosial para tenaga kerja tersebut oleh Bank Riau Kepri kepada BPJS Ketenagakerjaan.

CSR Bank Riau Kepri melalui program GN Lingkaran BPJS Ketenagakerjaan kepada 2.500 tenaga kerja pada sektor bukan penerima upah di Tanjungpinang ini diserahkan langsung oleh Wali Kota  H. Syahrul didampingi Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjungpinang Rini Suryani, Kepala Bank Riau Kepri Tanjungpinang Dedi Santika.

Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Kantor Walikota Tanjungpinang sempena acara HUT Otonom Kota Tanjungpinang yang ke 17. Turut hadir pada acara pagi itu Wakil Walikota Ibu Rahma, Ketua DPRD beserta Anggota, Sekda Kota Tanjungpinang, Forum Komunikasi Daerah, Seluruh Kepala OPD serta seluruh pegawai pemerintah Kota Tanjungpinang.

Wali Kota Tanjungpinang H. Syahrul  menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bank Riau Kepri bersama BPJS Ketenagakerjaan yang telah peduli kepada masyarakat Kota Tanjungpinang. Saat ini di Kota Tanjungpinang terdapat 2.500 lebih pekerja ‘rentan’ yang belum terkover BPJS Ketenagakerjaan. Pekerja rentan dimaksud adalah pekerja mandiri yang rawan kecelakaan dalam bekerja namun tidak mampu membayar iuran.

Untuk itu, ia berharap melalui CSR Bank Riau Kepri melalui program GN Lingkaran BPJS Ketenagakerjaan ini akan mampu secara bertahap menjamin kesejahteraan sosial para pekerja di Kota Tanjungpinang.

Program GN Lingkaran BPJS Ketenagakerjaan yang diberikan meliputi dua program, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Dengan adanya perlindungan ini, pekerja rentan dapat bekerja dengan tenang untuk meningkatkan taraf hidup mereka dan mencapai kesejahteraan.

Harapannya agar ke depan, Bank Riau Kepri dapat meningkatkan jumlah yang mendapatkan CSR dan harapanya CSR ini berkelanjutan. Ia juga mengapresiasi inisiatif Bank Riau Kepri dalam mendonasikan CSR-nya untuk iuran pekerja rentan ini.

Ditempat yang sama, Rini Suryani menyampaikan gerakan lingkaran merupakan program yang dibangun untuk sarana bagi masyarakat atau perusahaan yang ingin menyumbangkan donasi dan membayarkan iuran tenaga kerja mandiri yang tidak mampu membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan agar mendapatkan Jaminan Kecelakaan kerja dan Jaminan Kematian saat bekerja.

“Perlu kami sampaikan untuk menyalurkan donasi tidak hanya perusahaan-perusahaan besar seperti Bank Riau Kepri namun para pengusaha-pengusaha kaya, individu bisa ikut dalam memberikan bantuan pada pekerja rentan yang ada di sekitar kita”

Sebagai informasi bagi masyarkat yang ingin bergabung dalam program GN Lingkaran BPJS Ketenagakerjaan dapat langsung bergabung di WWW.GNLINGKARAN.ID atau bisa menghubungi kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjungpinang di jalan Engku Putri No 3 Tanjungpinang.

Pada kesempatan yang sama dalam rangka HUT Otonom Kota Tanjungpinang ke-17, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan santunan jaminan kematian dan kecelakaan kerja kepada 3 ahli waris dengan total santunan Rp 186.063.206.

“Inilah bukti nyata bagi seluruh peserta yang telah menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan maka semua biaya pengobatan dan perwatan saat mengalami kecelakaan kerja ma sepenuhnya akan ditanggung dan bagi yang meninggal dunia maka Ahli Waris akan mendapatkan santunan,” tambah Rini

Selain memberikan kartu peserta secara simbolis pada pekerja rentan Kota Tanjungpinang dalam kegiatan tersebut juga diberikan kartu secara simbolis kepada  848 RT/RW se-Kota Tanjungpinang. Dimana mulai bulan November nanti, seluruh RT/RW akan mendapatkan perlindungan Jaminan kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian dari BPJS Ketenagakerjaan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here