Oleh : Ester Sianturi (Mahasiswa UMRAH)
Nim : 170388203002

Proses atau upaya yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan maupun peningkatan kualitas perilaku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap, daya pikir dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari merupakan pengertian dari belajar.

Pentingnya proses belajar bagi seseorang salah satunya adalah untuk meningkatkan pengetahuan ataupun memperbaiki diri. Dalam proses belajar-mengajar seringkali siswa mengalami kurangnya motivasi dalam belajar, motivasi itu sendiri merupakan bagian penting dalam proses belajar agar yang ingin dicapai dari pembelajaran tersebut berjalan dengan baik sesuai tujuan. Motivasi itu sendiri ialah tujuan dan alat dalam pembelajaran, menurut Oemar Hamalik (dalam Syaiful Bahri Djamarah, 2002,144).

Banyak hal-hal di sekitar kita dapat mempengaruhi motivasi belajar kita. Apakah hal itu meningkatkan motivasi anda untuk belajar atau malah mengurangi semangat anda?
Kurangnya motivasi belajar seorang siswa merupakan tantangan besar dalam pencapaian tujuan belajar.

Tujuan belajar itu sendiri adalah untuk mendapatkan pengetahuan baru dan mengasahnya, meningkatkan keterampilan, dan membentuk sikap. Faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar seseorang bisa berasal dari lingkungan keluarga, lingkungan bermain atau mungkin dari anak itu sendiri.

Game Online merupakan sebuah jenis video permainan yang hanya dapat dimainkan bila perangkat yang digunakan untuk bermain terhubung dengan jaringan internet. Permainan Game Online dikalangan pelajar bukanlah sesuatu yang asing lagi, banyak fakta yang kita jumpai, dengan melakukan tinjauan langsung ke warnet-warnet banyak pelajar yang menghabiskan waktunya hanya untuk bermain Game Online. Bahkan semakin canggih teknologi masa kini, banyak permainan Game Online sudah dapat dimainkan di Smartphone.

Tidak ada yang salah dari Game Online maupun memainkannya. Yang menjadi persoalan ialah ketika seseorang kecanduan dalam permainan tersebut. Biasanya permainan yang dimainkan adalah permainan yang bersifat peperangan atau menyusun strategi.

Kecanduan tersebutlah yang akhirnya mempengaruhi motivasi belajar seorang siswa. Bagaimana tidak, banyak dari pelajar yang menghabiskan waktu hanya untuk bermain Game Online bahkan rela untuk bolos kuliah dan lebih ingin pergi ke warnet. Dalam proses belajar-mengajar dibutuhkan suatu konsentrasi penuh, tetapi banyak pelajar memainkan Game Online secara diam-diam dibelakang gurunya. Banyak tugas yang diberikan oleh guru terabaikan oleh siswanya akibat kecanduan mereka terhadap Game Online.

Ketika seorang pelajar berada dilingkungan pecandu Game Online ia kemungkinan besar akan terpengaruh juga. Hal ini akan mempengaruhi motivasinya untuk belajar. Ketika motivasi tersebut mengurangi semangat belajar seseorang hal yang akan terjadi adalah tidak tercapainya tujuan dari belajar tersebut. Tidak tersampaikannya materi yang ingin disampaikan merupakan sebuah dapak dari kecanduan Game Online tersebut. Bahkan yang seharusnya ingin membentuk siskap dan watak seorang murid malah berakhir sia-sia. Apabila proses belajar-mengajar tidak berlangsung dengan baik, maka hasil akhir dan prestasi seorang siswa akan menurun. Hal ini lah yang harus diwaspadai dari dampaknya kecanduan terhadap Game Online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here