TANJUNGPINANG, SIJORITODAY. com –Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melibatkan Pangkalan Utama TNI AL IV (Lantamal IV) dan Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) untuk memastikan kelancaran distribusi bahan pangan sejumlah pulau sehingga tetap tersedia dan stabil selama Ramadhan.

“Kita akan terus berkoordinasi dengan pihak Pelni untuk memastikan kapal tol laut tetap jalan dan tak akan masuk dok selama bulan Ramadhan, karena stok pangan erat kaitannya dengan harga pangan,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri, Arif Fadillah, di Tanjungpinang, Kepri, Kamis.

Selain itu, lanjut Arif, jika terdapat permasalahan lain seperti kapal tidak jalan ataupun kendala cuaca buruk maka untuk distribusibahan pangan, pihaknya bakal meminta bantuan kepada Lantamal IV Tanjungpinang.

“Karena jika stok ada pendistribusian terhambat, otomatis harga juga pasti naik,” ucapnya.

Dikatakan Arif, koordinasi yang dilakukan tersebut sebagai langkah antisipasi pihaknya agar pendistribusian stok bahan pokok khususnya di pulau-pulau terluar seperti Anambas dan Natuna dapat berjalan lancar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepri Burhanuddin, memastikan bahwa penyaluran dan pendistribusian bahan pangan di Provinsi Kepri berjalan lancar.

“Sampai saat ini laporan ke kita lancar,baik itu yang melalui kota Tanjungpinang ataupun di kota Batam,” tuturnya.

Dia menjamin di bulan Ramadhan ini, persediaan dan harga kebutuhan pokok di Kepri tetap aman dan stabil.

(Mn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here