ANAMBAS, SIJORITODAY.com – Jaringan Tegangan Menengah (TM) pada Pembangkit Listrik PLN Jemaja sering mengalami gangguan. Pasalnya, hingga kini masih banyak makhluk seperti Binatang Kelelawar, Monyet maupun Tupai yang menghinggapi jaringan TM sehingga mengganggu arus Listrik.

“Jika terjadi Trabel di salah satu Jaringan TM, maka jaringan seketika akan terputus secara keseluruhan, karna kita menggunakan sistem Feeder (satu sistem), yang sering terjadi yakni pada malam hari, Kalau siang harinya jarang sekali ada gangguan,” tutur Ridwan Kurniawan, Kasub PLN Letung, saat dijumpai awak media ini Sekitar Pukul 01.40 WIB, Minggu (22/09/19).

Menurut Ridwan, jika mati karena gangguan dari binatang, itu merupakan hal yang biasa. Dan biasanya tidak berlangsung lama, hanya beberapa menit saja. Ia memperkirakan sekitar 15 menit jaringan tersebut akan normal kembali.

“Untuk bulan ini mati Lampu baru terjadi sekitar Lima kali,” katanya.

“Jadi jika ada gangguan seperti Binatang maupun gangguan lainnya, maka jaringan listrik akan otomatis mati, karena kita menggunakan jaringan Proteksi atau Sistem pengaman, jika sistem Proteksi tidak berfungsi, maka sangat berbahaya sekali,” Jelas Ridwan.

Untuk mengantisipasi serta mengurangi resiko pada Jaringan TM Jemaja, sementara ini pihak PLN Jemaja mengagendakan penebangan kayu yang ada disekitaran Jaringan TM dengan jadwal dua kali dalam satu bulan. Jika dahan kayu yang berada disekitaran Jaringan TM tidak dipangkas maka berpotensi mengganggu kestabilan jaringan.

Dijelaskan Ridwan, untuk wilayah Letung rencananya akan memisahkan Feeder menjadi dua bagian.

“Nantinya kita akan membagi Feeder menjadi Dua Bagian, yakni untuk Wilayah Letung dan sekitarnya satu Feeder dan untuk Wilayah Kuala Maras juga terdapat Satu Feeder,” Tambahnya.

Selain gangguan pada Jaringan TM, sering juga terjadi gangguan terhadap Mesin, jika terdapat gangguang terhadap Mesin, barulah semuanya akan mati secara total. Namun dengan Feeder terpisah, secara otomatis akan mengurangi resiko ketika terdapat gangguan pada jaringan TM.

“Kalau sistem Feeder sudah terpisah, jika terjadi gangguan diwilayah Letung maka arus listrik yang akan terputus hanya sekitaran Letung saja, tidak mengganggu daerah Jemaja Timur seperti saat sekarang,” jelasnya.

Rawannya gangguan terhadap jaringan saat ini, Ridwan berharap agar pemisahan Feeder menjadi dua bagian segera terlaksana, sehingga mengurangi resiko gangguan pada Jaringan TM. (Bg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here