ANAMBAS, SIJORITODAY.com — Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana untuk memperpanjang runway atau landasan pacu Bandara Letung di Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau dari 1.400 meter menjadi 1.600 meter pada 2021 mendatang.
“Jadi tahun 2021 mendatang, panjang landasan pacunya akan bertambah 200 meter,” kata Plt Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto di Tanjungpinang, Senin.
Kendati demikian, kata Isdianto, pemerintah belum dapat merinci berapa nilai investasi yang dibutuhkan untuk memperpanjang landasan pacu tersebut.
Bandara Letung yang saat ini dioperasikan, lanjut dia, dibangun secara bertahap sejak tahun 2014. Dengan anggaran dari APBN sekitar Rp 200 miliar.
“Pembangunannya bertahap yaitu tahun 2014, 2015, 2016, 2017. Itu investasinya sekitar Rp 200 miliar,” sebut Isdianto.
Bandara Letung terletak di Pulau Jemaja, Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas. Bandara tersebut mempunyai panjang runway 1.400 meter x 30 meter, taxiway 125 meter x 15 meter dan apron 125 meter x 70 meter.
Bandar Udara tersebut resmi beroperasi pada Senin (14/10). Peresmian dihadiri langsung Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dan didampingi Plt Gubernur Kepulauan Riau.
Dalam kesempatan itu, Budi menyatakan peresmian Bandara Letung ini adalah bentuk refleksi berjalannya program pembangunan Indonesia Sentris oleh pemerintah pusat.
Adapun yang dimaksud Indonesia sentris bahwa Indonesia bukan hanya Jawa saja, tetapi seluruh Indonesia.
“Anambas adalah ujung utaranya Indonesia yang juga harus dibangun. Sama dengan daerah lainnya di seluruh Indonesia. Jika bandara di daerah-daerah sudah dibangun, maka pemerintah pusat akan lebih mudah mengunjunginya,” kata Menhub Budi Karya.
(Mn)
Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here