NATUNA, SIJORITODAY.com – – Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kabupaten Natuna Tahun 2020 di Sejalankan dengan Pembukaan Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna, Selasa Malam (3/3/2020) di Gedung Sri Srindit.

Kegiatan dengan Tema ” Penguatan Ekonomi Masyarakat Menuju Masyarakat Yang Sejahtera ” yang di gelar oleh, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Natuna ini, berlangsung dari 3 Maret sampai dengan 5 Maret 2020.

Adapun peserta musrenbang kabupaten Natuna terdiri dari, Perangkat daerah Kabupaten dan Kecamatan, DPRD Kabupaten Natuna, instansi vertikal, perwakilan masyarakat perguruan tinggi, LSM/Ormas, pelaku dunia usaha, BUMD dan unsur masyarakat lainnya.

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal dalam kata sambutan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berhubungan dengan perencanaan atas penyelenggaraan musrenbang Kabupaten ini yang telah melalui tahapan yang panjang, mulai dari musrembang Desa/Kelurahan, Musrembang kecamatan sampai dengan forum perangkat daerah.

” Musrenbang yang akan kita laksanakan pada hari ini dan 2 hari kedepan mempunyai arti penting dalam rangkaian penyusunan dokumen perencanaan pembangunan Kabupaten Natuna, sebab melalui musrenbang ini, seluruh pemangku kepentingan dapat melakukan penajaman, penyelarasan dan klarifikasi atas program atau kegiatan yang diusulkan sehingga tercapai kesepakatan terhadap materi rancangan rkpd kabupaten Natuna Tahun Anggaran 2021, ” ucapnya.

Hamid juga mengucapkan, Selamat mengikuti musrembang RKPD tahun 2020 dalam rangka mewujudkan masyarakat Natuna yang cerdas dan mandiri dalam kerangka keimanan dan budaya tempatan.

Sementara itu, Ketua DPRD Natuna, Andes Putra dalam kata sambutan menyampaikan, mencermati isu strategis terhadap pembangunan di Kabupaten Natuna saat ini, berdasarkan hasil kunjungan kerja dan hasil reses DPRD Kabupaten Natuna dalam menyerap aspirasi masyarakat.

” Maka DPRD berkesimpulan dan dituangkan ke dalam pokok-pokok pikiran DPRD antara lain, Pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat, penyediaan air bersih, peningkatan pelayanan kesehatan, peningkatan pendapatan asli daerah, penyediaan sarana penghubung transportasi darat laut dan udara, penambahan sarana komunikasi, pengembangan pariwisata Bahari, peningkatan sumber daya manusia, penyediaan lapangan pekerjaan, pembangunan pelabuhan nelayan dan pelabuhan perikanan, peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah, meningkatkan daya saing daerah, pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba, percepatan pengetasan kemiskinan, pemenuhan kebutuhan bahan pokok di setiap Kecamatan, peningkatan hasil perkebunan dan peternakan rakyat, pembangunan kantor pemerintahan yang belum terselesaikan, memelihara perdamaian dan menjaga iklim politik dan kondusif, ” ungkapnya.

Lanjut, Andes, pokok-pokok pikiran DPRD sebagaimana tersebut di atas dipandang perlu untuk segera dituntaskan satu-persatu selanjutnya pokok-pokok pikiran DPRD sebagaimana yang telah disampaikan di atas, akan dibahas secara intensif nantinya antara DPRD dengan pemerintah daerah, untuk mencapai itu semua, tentunya diperlukan perencanaan yang jelas, terarah dan terukur serta diperlukan tahapan evaluasi pembangunan yang berkesinambungan, dalam rangka menuju masyarakat di Kabupaten Natuna yang sejahtera sesuai dengan harapan kita semua.

Masih di waktu yang sama, Ketua Panitia Musrenbang Kabupaten Natuna, Mustapa dalam laporan menyampaikan, musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Natuna tahun 2020 ini, merupakan satu kesatuan dari sistem perencanaan yang dilaksanakan setelah musrenbang desa dan musrenbang kecamata, dengan maksud agar proses sinkronisasi dapat dilakukan secara optimal.

” melalui proses musrenbang ini diharapkan akan mampu melahirkan instrumen-instrumen prioritas untuk menghasilkan struktur program yang solutif terhadap persoalan yang dihadapi saat ini diantaranya, masalah kemiskinan, pengangguran, pelayanan kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan layanan publik lainnya yang disebabkan oleh masih lemahnya pertumbuhan ekonomi di sektor riil, ” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, Musrembang pada saat ini juga dijalankan dengan acara lomba inovasi teknologi tepat guna kabupaten Natuna yang diselenggarakan oleh dinas pemberdayaan masyarakat desa. Pengembangan inovasi penting dilakukan karena dapat menjadi motor penggerak Pembangunan Daerah kita. karenanya, Pemerintah mendorong berbagai pihak untuk memperkuat riset dan pengembangan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat kita, yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat masyarakat kita sehingga cita-cita untuk menjadi masyarakat Natuna yang cerdas dan mandiri dalam kerangka keimanan dan budaya tempatan dapat tercapai.

” Adapun maksud dan tujuan musrembang kabupaten Natuna tahun 2020 ini, adalah untuk mendapatkan masukan guna menyempurnakan rancangan RKPD Kabupaten Natuna 2021. Menyusun Prioritas pembangunan daerah dan Pagu indikatif berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah. Diharapkan dari pelaksanaan musrenbang kabupaten Natuna tahun 2020 ini, adalah kesepakatan tentang rumusan Prioritas pembangunan yang menjadi masukan Untuk pemutakhiran rancangan RKPD dan rancangan Renja perangkat daerah, ” paparnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Sekda Natuna, Wan Siswandi, Ketua dan Anggota DPRD Natuna, Pimpinan Organisasi Perangjat Daerah (OPD), Pimpinan Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD) dan Masyarakat.( Iwan )

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here