ROKAN HULU, SIJORITODAY.com – Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Syafaruddin Poti, hadiri Festival Gondang Barogong di depan Kantor Desa Rambah Hilir Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Kamis (2/5/2024).

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Rohul Indra Gunawan, Kaban Bappeda Yusmar, Sekretaris Diskominfo Agus Salim, perwakilan Dinas Provinsi Riau, Ketua LKH Rambah, serta petinggi adat lainnya.

 

Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan yang diresmikan oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Syafaruddin Poti. Acara ini diikuti oleh 11 peserta lomba dari berbagai kecamatan di Rohul yang menunjukkan antusiasme dan dukungan yang kuat dalam menjaga warisan budaya melayu.

Dalam sambutannya, Syafaruddin Poti meminta agar Festival Gondang Barogong ini dapat meningkatkan budaya melayu. Ia mengatakan, budaya Gondang Barogong ini telah menjadi budaya yang tak terpisahkan dari musim tanam, pesta pernikahan, dan penyambutan tamu.

“Saya berharap budaya Gondang Barogong ini dapat meningkatkan budaya yang ada di Rohul. Hal ini karena banyaknya makna dan ajaran dalam setiap pertunjukannya. Dan saya juga berharap kepada generasi muda untuk melanjutkan budaya ini agar tradisi ini terus berlanjut dan tidak akan lekang oleh zaman dan selalu menjadi ciri khas masyarakat melayu Rohul,” ujar Poti.

Acara ini ditutup dengan penampilan peserta lomba Gondang Borogong se-Kabupaten Rohul yang dipenuhi dengan semangat dan kekompakan. Selain menjadi ajang untuk mencari tim terbaik, kegiatan ini juga menjadi wadah silaturahmi bagi para pegiat tradisi adat di Rohul, yang tentunya akan membawa dampak positif dalam menjaga dan mengembangkan warisan budaya yang berharga bagi masyarakat melayu Rohul. (Advetorial/Superleni)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here